NEWS - Indonesia Maritime News (IMN)

TERDAFTAR: IDM000087670
DEPARTEMEN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA
DIREKTUR JENDERAL HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL
Aset Tanjungpandan Rp 1 M
Diselamatkan Kejaksaan

Indonesiamaritimenews.com
(IMN), TANJUNGPANDAN:
Aset PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Tanjungpandan sekitar Rp 1 miliar diselamatkan Kejaksaan Negeri Belitung.

Aset itu berupa sertifikat tanah dari Kejaksaan Negeri Belitung untuk lahan seluas 1.777 M2 di Jalan Kerjan, Desa Air Merbau,Kabupaten Belitung, dikeluarkan Kepala Pertanahan ATR/BPN Kabupaten Belitung dengan Nomor 00690 atas nama PT Pelabuhan Indonesia II.

Penyerahan sertifkat tanah ini disampaikan langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri Belitung, Ali Nurudin, kepada General Manager PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Tanjungpandan, Hambar Wiyadi, di Desa Air Merbau, Kabupaten Belitung, Rabu,
( 16/ 12/2020) disaksikan Kepala Kantor Pertanahan ATR/BPN Kabupaten Belitung, Agustinus W. Sahetapi, A.Ptnh.

Penyerahan sertifikat itu menurut Nurudin," Merupakan wujud konkrit dari kerjasama antara Kejaksaan Negeri Belitung dengan BUMN dalam hal ini PT Pelabuhan Indonesia II Cabang Tanjungpandan yang tertuang dalam perjanjian kerjasama Nomor: KS.02/23/7/1/GM/C.TGDN-20 dan Nomor: 05/l.9.12/Gs.1/2020 tanggal 23 Juli 2020 tentang penanganan masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negeri, dimana salah satunya penyelamatan aset milik negara/BUMN,"jelas Kepala Kejaksaan Negeri Belitung ini.

Bukan hanya untuk penyelematan aset milik Negera/BUMN,tambahnya, kejaksaan sesuai dengan fungsinya juga dapat diminta untuk kegiatan pemberian bantuan hukum, permohonan pertimbangan hukum dan tindakan hukum lainnya dalam penyelesaiaan permasalahan hukum, pengembalian/pemulihan aset Negera/BUMN, pemberian jasa hukum oleh Jaksa Pengacara Negera di luar penegakan hukum, pelaporan hukum dan pertimbangan hukum dalam rangka penyelamatan dan memulihkan keuangan/kekayaan negara, serta menegakan kewibawaan pemerintah? antara lain untuk bertindak sebagai negosiator/mediator atau fasilitator dalam terjadi sengketa atau perselisihan antara Lembaga negara dan instansi pemerintah.

"Kejaksaan Negeri Belitung menyadari bahwa upaya penyelamatan aset milik negeri dan aset-aset lain yang dikuasai oleh pihak yang tidak berhak seperti Milik BUMN, dimana Kejaksaan sebagai pemegang kuasa pemerintah harus bekerja keras untuk membela kepentingan negara dan menyelamatkan aset-aset negara," tandas Ali Nurudin.

Ia memaparkan lebih rinci, nilai yang diselamatkan adalah aset milik negeri/BUMN PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Tanjungpandan sebesar Rp. 977.350.000,- (Sembilan ratus tujuh puluh juta tiga ratus lima puluh ribu rupiah).

General Manager PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Tanjungpandan, Hambar Wiyadi menjelaskan,Aset Milik BUMN berupa sertifikat tanah lahan seluas 1.777 M2 atau senilai dengan hampir Rp, 1 Milyar ini akan dicatatkan menjadi Aset Perusahaan Milik PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) .

APRESIASI
Hambar Wiyadi menjelaskan pihaknya mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih serta penghargaan yang setingi-tingginya untuk seluruh jajaran di Kejaksaan Negeri Belitung dalam upaya penyelematan aset BUMN di lingkungan PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Tanjungpandan serta Jajaran Kantor Pertanahan ATR/BPN Kabupaten Belitung yang telah turut membantu proses legalitas administrasi atas lahan tanah milik BUMN dengan waktu yang singkat sesuai prosedur yang berlaku.

"Ini merupakan wujud konkrit luar biasa hasil kerjasama dari jajaran Kejaksaan Negeri Belitung dan Kantor Pertanahan ATR/BPN Kabupaten Belitung
yang telah disepakati pada pertengahan tahun ini (2020) dalam upaya menyelamatkan aset-aset perusahaan, "jelas lelaki jebolan IISIP ini.

Hambar menambahkan, kerjasama juga terkait dengan penanganan permasalahan hukum bidang perdata dan tata usaha negara lainnya. Kejaksaan sebagai penegak hukum mutlak dibutuhkan dalam mendukung keberhasilan upaya penyelamatan aset negara. (Arry/Mar)

Image

Index

Pelindo II Siap Sukseskan Peringatan HPN 2021

Dukung Seminar Nasional Kepelabuhan

IPC IPK Luncurkan BMS

Pelayanan Cepat & Mudah

Aset Tanjungpandan Rp 1 M

Diselamatkan Kejaksaan

Pelabuhan Tanjungpandan Gratiskan

Rapid Test TKBM & Pengemudi

OP Priok Fokus Ecoport & Trucking

Bersinergi Dengan Wartawan

Pelabuhan Belawan Dikeruk -9 M Rp 120 Miliar

Tingkatkan 30 % muatan Kapal. Progres Capai 11,4%

Pelabuhan Kuala Tanjung Tumbuh Pesat Arus Kapal Meningkat 30%

Pasar Merespon Positif Pelabuhan Masa Depan

Pelabuhan Tanjung Pandan Tingkatkan Pelayanan

Gandeng MTI Kelola Logistic Area

Erick Thohir Angkat Dani Rusli

Dirut Pelindo I

Dirut IPC & Gubernur Lampung

Bahas Exit Tol Pelabuhan Panjang

Poll

Subscribe Newsletter