NEWS - Indonesia Maritime News (IMN)

TERDAFTAR: IDM000087670
DEPARTEMEN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA
DIREKTUR JENDERAL HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL
Pelabuhan Belawan Dikeruk -9 M Rp 120 Miliar
Tingkatkan 30 % muatan Kapal. Progres Capai 11,4%


Indonesiamaritimenews.com(IMN),
MEDAN:Bila Anda saat ini ke pelabuhan Belawan, Medan, Sumut maka akan melihat di kolam dan alur berbagaii tipe kapal keruk di sana.

Misalnya Clamshell / Crane barge, CSD (Cutter Suction Dredger), TSHD (Trailing Suction Hopper Dredger), AHT (Anchore Handling Tugboat) dsb.

Itu karena pada saat ini Pelabuhan Belawan sedang melakukan pengerukan di kolam dan alur.

PT Pelindo I (Persero) menginvestasikan dana cukup besar dengan investasi," Tahun ini kita invest Rp 120 miliar untuk pengerukan alur dan kolam.Rencana kita kembalikan ke dalam -9 M LWS," jelas Dani Rusli Utama Dirut Pelindo1 (Persero) menjawab pertanyaan IMN di sela- sela kesibukannya didampingi Korsek Imron Eryandi dan Humas Pelindo 1 Fiona di Kantor PT.Pelindo I Medan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat beberapa waktu lalu, berlangsung di ruang terbuka.

Dana itu di tanggung Pelindo 1.Pekerjaan dimulai tanggal (1/8/ 2020) ," Ditargetkan 6 bulan selesai pada bulan Februari 2021. Progres pekerjaan sudah mencapai 11,14% sampai dengan 14 September 2020" ungkap Dani.

Ruang lingkup pekerjaan Pengerukan Pelabuhan Belawan meliputi
Pengerukan Alur Pelabuhan Belawan dan 11 kolam menjadi ke dalaman -9 M LWS

"Alur Pelayaran dikeruk dengan design kedalaman -9 M LWS dengan panjang 1.250 KM, " tambah Dani.

Pengerukan, lanjut Dani,sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa dan efisiensi serta bentuk konsistensi corporate memberi pelayanan kepada pengguna jasa.

"Saat ini ke dalaman kolam tidak merata, Ada beberapa kolam yang minus -7 M LWS s/d -8,5 M LWS. Akibatnya Banyak kapal relatif terganggu,"ungkap Dani

Pengerukan lama sebab alur itu setiap hari cukup banyak dilalui kapal, terang Dani, Setiap ada kapal, kapal pengerukan kesamping. Prinsipnya pengerukan tidak mengganggu operasional.

TOTAL LOGISTICS COST

Kebanyakan kapal yang masuk ke Pelabuhan Belawan destination tidak transhipment .
"Destination kalau kita cuek pun kapalnya tetap disini tetapi kita bagian dari pemerintah menginginkan total logistics cost nya turun.
Bagaimana caranya? Lebih efisien mereka mendatangkan kapal kapal besar. Bagaimana caranya? drafnya didalami jadi kita fokus kepada PR kita salah satunya performance.Apa? adalah draft, dengan kedalaman -9 M LWS bisa naikan kapasitas 20 s/d 30 persen, lebih efisien," papar Dani.

Dani memahami kolam dan alur itu adalah tanggung jawab pemerintah berdasarkan konsesi dan undang undang
"Kita tau dan paham juga tetapi perintah saat ini prioritasnya kan banyak ini sebenarnya membantu pemerintah. Selain itu kita juga tak ada bisnis bila ini tidak kita keruk."

Sekarang kedalaman belum normal, lanjut Dani, mereka utilisasi hanya 50%. Misalnya kapal itu waktunya muatan 500 kontainer hanya bisa mengangkut 250 kontainer dengan ke dalaman normal dia bisa angkut sampai 400 kontainer. Misal kapal bisa angkut 1000 THEUs tetapi hanya bisa angkut 500 THEUs sebenarnya rugi tidak efisien. Harapan kita dengan ke dalaman itu bisa angkut sampai 700 THEUs jadi essensinya kita naikan.

"Cukup banyak uang yang kita keluarkan.. untuk meningkat pelayanan bila mereka tidak happy tak enak juga.Bila mereka tidak happy di sini mereka pindah ketempat lain,"tungkas Dani yang tak menginginkan hal itu terjadi itulah sebabnya pengerukan dilakukan walau dengan biaya mahal.

Kapal-kapal keruk itu terus bekerja ditengah "garangnya" matahari, mengeruk, menyedot dan membuang lumpur di kolam dan alur Pelabuhan Belawan mengejar tengat waktu penyelesaian 6 bulan. (M.Arifin Mukendar)

Image

Index

Pelabuhan Belawan Dikeruk -9 M Rp 120 Miliar

Tingkatkan 30 % muatan Kapal. Progres Capai 11,4%

Pelabuhan Kuala Tanjung Tumbuh Pesat Arus Kapal Meningkat 30%

Pasar Merespon Positif Pelabuhan Masa Depan

Pelabuhan Tanjung Pandan Tingkatkan Pelayanan

Gandeng MTI Kelola Logistic Area

Erick Thohir Angkat Dani Rusli

Dirut Pelindo I

Dirut IPC & Gubernur Lampung

Bahas Exit Tol Pelabuhan Panjang

Bunda Indah Tokoh Wanita Sumut:

Direksi Pelindo I Bekerjalah Dengan Hati & Jaga Amanah

802 Pekerja dan 4 Direksi

IPC Logistics Rapid Test Covid 19

IPC Bagikan 30.000 SMS Sembako

Peduli Pada TKBM Terdampak Corona

IPC Panjang Lepas Ekspor Serentak

Produk Pertanian Lampung Rp 6,6 M

Putuskan Rantai Corona

Ribuan Masker dibagikan di pelabuhan

Poll

Subscribe Newsletter