NEWS - Indonesia Maritime News (IMN)

TERDAFTAR: IDM000087670
DEPARTEMEN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA
DIREKTUR JENDERAL HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL
Optimistis BKI
Rebut Pasar Domestik dan Regional


Indonesiamaritimenews.com(IMN) JAKARTA: PT.Biro Klasifikasi Indonesia(BKI), optimistis bisa merebut pasar domestik dan regional.

Peluang perusahaan plat merah ini merebut pasar semakin terbuka setelah International Association of Classification Societies (IACS) mengakui BKI sebagai perusahaan bergerak di bidang Klasifikasi.

Pengakuan IACS, memudahkan kinerja BKI, dengan pengakuan itu," Dokumen yang dikeluarkan BKI diakui di luar negeri," jelas Arief Budi Permana Kepala Devisi Survey BKI pada Workshop Keselamatan Industri Maritim,Selasa (22/2/2019) di Jakarta.

IACS adalah asosiasi perusahaan klasifikasi,survey dan kelayakan kapal yang sangat berpengaruh di dunia, berpusat di London.

Anggota IACS hingga kini hanya terdiri dari :
1.LlyodRegister (LR) : 1760 (London),2.Bureau Veritas(BV) 1828(paris),3.RegistroItalianoNavale( RINA ): 1861 (Genova),
4.American Bureau of Shipping (ABS) : 1862 (Houston), 5.DetNorkseVeritas(DNV):1864 (Oslo),6.GermanischerLlyod(GL) : 1867 (Hamburg), 7.NippongKaijiKyokai( Class NK ) : 1899 (Tokyo),8.China Classification Society (CCS) : 1956 (China),9.Korean Register of Shipping (KR) : 1960 (Seoul)
10.Russian Maritime Register of Shipping ( RS ) : 1913, 11.Indian Register of Shipping (IRS): 1975 (Mumbay), 12.Croation Register of Shipping (CRS): 1949,13.Polish Register of Shipping (PRS) 1936.

PERSAINGAN
Pengakuan asosiasi klasifikasi dunia ini kepada BKI sebagai perusahaan Klasifikasi diharapkan sebagai nilai tambah untuk memenangkan persaingan.

Di dalam negeri ada 9 perusahaan bergerak di bidang yang sama, salah satunya dari India.Untuk tingkat ASEAN,ada empat perusahaan bergerak dibidang usaha sejenis.

BKI dalam perjalanannnya sudah mengkelaskan sedikitnya 18.500 unit kapal berbendera Merah Putih dan 2.996 unit kapal bangunan baru dalam 5 tahun terakhir.

BKI berupaya untuk menjadi anggota IACS, namun syarat organisasi yang lahir dari percakapan di warung kopi ini menetapkan 10 syarat. Namun kemudian menambahkan satu menjadi sebelas syarat.

Dua diantaranya, pertama harus mempunyai kantor di London. Kedua BKI harus mendapatkan rekomendasi dari IMO sebagai badan klasifikasi.

IMO mewajibkan kepads BKI untuk menyiapkan ketentuan pemeriksaan kapal tanker minimal 150.000 DWT.

"Sementara kita di sini tak memiliki kapal seperti itu.Namun kami sudah bicara dengan Pertamina, hal ini, dan mereka bersedia membantu,"jelas Arief.

DIVERSIFIKASI USAHA
BKI melakukan berbagai inovasi. Awalnya bergerak pada bidang klasifikasi kapal, kini sudah diversifikasi ke bidang usaha komersial.

"BKI berkembang sebagai independent assurance merambah berbagai sektor bisnis yang meliputi tiga sektor bisnis, yaitu sektor Industri, Marine, dan Energi,"ujar Rudiyanto Dirut BKI pada saat penutupan acara.

Sebagai independent assurance, dia menegaskan BKI Komersil selalu mengedepankan profesionalitas tinggi yang didukung tenaga ahli dari berbagai bidang, pendidikan, dan keahlian serta pengalaman, serta didukung oleh jaringan pelayanan di 20 cabang di seluruh Indonesia.

Sebagai?independent assurance, BKI Komersil membantu pihak-pihak yang bertransaksi (pihak pertama dan kedua) untuk memberikan data obyektif tentang kondisi bisnis dan sarana prasarana mereka di bidang marine, industri maupun energi.

HOLDING
Pemerintah melalui Kementrian BUMN, membuat Holding untuk memenangkan persaingan dan merebut pasar domestik dan regional?

Pembentukan holding badan usaha milik negara jasa survei ditargetkan rampung pada pertengahan 2019 dengan PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) sebagai induk.

Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Aloysius Kiik Ro sebelumnya kepada wartawan ditempat berbeda mengatakan,konsep Holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Jasa Survei ditargetkan rampung pada Oktober 2018. Skema tersebut nantinya diserahkan kepada Menteri Keuangan .

Aloysius memaparkan dalam skema konsolidasi tersebut Biro Klasifikasi Indonesia akan menjadi induk usaha. Kemudian, PT Surveyor Indonesia (Persero) dan PT Sucofindo (Persero) menjadi entitas anak.

"Kami mengumpulkan kekuatan untuk mengusai pasar domestik maupun regional,"ungkapnya.
(MAR/IMN)

Image

Index

Optimistis BKI

Rebut Pasar Domestik dan Regional

Ketua JAMIN Ir.H. Erwan Rozadi Nasution

Optimisme Jokowi Unggul 65% di Sumut

Meriam Meledak 4 Prajurit TNI Gugur

LAtihan PPRC di Natuna

Kementerian BUMN Berangkatkan 93.334 Pemudik

Pemudik Masuk Rekor MURI

TNI AL Tangkap Kapal Tiongkok di Aceh

Buronan Interpol

Angkatan Laut 35 Negara Tampil di Komodo 2016

Latihan Bersama di Padang

Pasar Ikan Digempur, Warga Menjerit

Kampung Luar Batang Tinggal Puing

2 Penerjun Payung Tewas Jatuh di Halim

Gladi Bersih HUT ke-70 TNI AU

Helikopter TNI Jatuh 13 Prajurit Gugur

Tersambar Petir di Poso

Inilah Kapal Baru TNI -AL KRI Rigel 933

Buatan Perancis canggih se-Asia

Poll

Subscribe Newsletter