NEWS - Indonesia Maritime News (IMN)

TERDAFTAR: IDM000087670
DEPARTEMEN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA
DIREKTUR JENDERAL HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL
Inilah Era Digital IPC
Priok Terapkan Auto Gate Pass System


Indonesiamaritimenews. com(IMN),JAKARTA: PT Pelabuhan Indonesia II/IPC kini memasuki era digital, mewujudkan program digital port dimulai dengan menerapkan Pelayanan Pelabuhan Non Tunai atau Auto Gate Pass System untuk meningkatkan arus barang.

Penerapan itu diberlakukan kepada seluruh pos pintu masuk pelabuhan Tanjun Priok.Uji coba dimulai tanggal 2 Juli 2018.

"Sosialisasi implementasi sistem tersebut sudah dilakukan kepada para pelaku usaha terutama pelayaran dan angkutan truk,"ungkap Mulyadi, General Manager Pelindo II Cabang Pelabuhan Tanjung Priok, di sela-sela acara buka puasa bersama dengan Forum Wartawan Maritim Indonesia (FORWAMI), di Jakarta, Kamis (7/6/2018).

Implementasi Auto Gate Pass System ini,lanjut Mulyadi, merupakan bagian dari keseluruhan rencana digitalisasi layanan di Pelabuhan Tanjung Priok.

Pelaksanaannya bekerja sama dengan manajemen Pelabuhan Tanjung Priok dengan salah satu anak perusahaan Pelindo II yakni PT Integrasi Logistik Cipta Solusi (ILCS).

Kartu yang digunakan di auto gate adalah kartu e-money yang selama ini bisa digunakan untuk transaksi di pintu tol maupun pembayaran lainnya.

Sistem ini,"Tidak mengubah tarif yang selama ini berlaku di gate in pelabuhan,"jelas Mulyadi memastikan dan meyakinkan pengguna jasa.

Ke depan, lanjut Mulyadi, Auto Gate Pass System akan terintegrasi dengan sistem pelayanan lainnya di pelabuhan.

Ia mencontohkan, truk-truk yang masuk ke pelabuhan akan memiliki nomor identitas yang langsung terkoneksi dengan sistem layanan bongkar muat di pelabuhan.

Implementasi auto gate pass system ini,jelas Mulyadi, bertujuan meningkatkan efisiensi proses receiving dan delivery truk. Selain itu, untuk mengatur alokasi dan penjadwalan kontainer dan truk yang beroperasi di pelabuhan.

Kebijakan lainnya untuk melancarkan arus barang, manajemen Pelabuhan Tanjung Priok membuat area parkir truk (buffer area) seluas 2 Ha dari rencana 4 Ha yang berlokasi di bekas lahan In gom. Dengan adanya buffer area, truk-truk yang menunggu antrian pengambilan kargo di dalam pelabuhan, bisa masuk lokasi tersebut sehingga mengurangi kepadatan lalu lintas di dalam kawasan pelabuhan. (Arry/0ryz/Mar)

Image

Index

Hari ini

IPC Pulangkan Pemudik

Inilah Era Digital IPC

Priok Terapkan Auto Gate Pass System

Dirut IPC Lepas Ribuan Pemudik Gratis

"Selamat Jalan... Semoga Selamat Sampai Tujuan"

Terminal Baru Bandara Ahmad Yani

Difungsikan Layani Mudik

Menhub Mohon Maaf Terjadi Lagi Korupsi

Pelaksana Dirjen Hubla ditunjuk Bay

Tersangka Suap Rp20 M

Dirjen Hubla Ditahan KPK

Dermaga Eksekutif

Ada di Merak dan Bakauheni

Pungli di Kemhub Dibongkar Polri

Suap Pengurusan Izin Kapal

Belawan Terapkan Sistem Inaportnet

Memberantas praktik nakal

Resmikan VTS Distrik Navigasi Kelas I Makassar

Jonan: Keselamatan Pelayaran Terjamin

Poll

Subscribe Newsletter