NEWS - Indonesia Maritime News (IMN)

TERDAFTAR: IDM000087670
DEPARTEMEN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA
DIREKTUR JENDERAL HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL
Terminal Baru Bandara Ahmad Yani
Difungsikan Layani Mudik


Indonesiamaritimenews.com(IMN),JAKARTA:Terminal baru bandara Ahmad Yani Semarang, Jateng, akan difungsikan melayani para pemudik tahun ini.

PT.Angkasa Pura I akan mengopersikan minggu depan dengan konsep ecogreen.Terminal baru ini mampu menampung 6,9 juta penumpang per tahun.Kapasitas naik signifikan dari kapasitas terminal lama yang hanya 800 ribu penumpang per tahun.kkb
Kepastian memfungsikan terminal baru itu disampaikan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno pada rangkaian kerjanya memantau kesiapan operasional terminal baru Bandara Ahmad Yani Semarang menyambut angkutan lebaran tahun 2018.

Rini menjelaskan, "Bandara baru sudah dipastikan telah siap melayani penumpang dan tanggal 8 atau 9 Juni 2018 nanti sudah siap beroperasi, katanya dalam keterangan tertulis, Jakarta, Jumat (1/6/2018).

Saat ini, lanjutnya, progres pekerjaan sudah mencapai 97% dan sudah bisa melayani pemudik di Lebaran nanti.

Pengoperasian terminal baru bandara Ahmad yani, tambah Rini, sebagai komitmen pemerintah dalam mendorong percepatan konektivitas udara serta melayani kebutuhan masyarakat.

Ia mengucapkan terima kasih kepada Angkasa Pura I yang terus berupaya agar pembangunan selesai tepat waktu dan bisa melayani masyarakat terutama di Lebaran 2018.

MEMENUHI SYARAT
Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi menjelaskan , meskipun pengerjaan terminal baru Bandara Ahmad Yani sudah mencapai 97 persen, terminal baru ini sudah memenuhi syarat minimum pengoperasian bandara dari tim verifikasi Direktorat Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.

Terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani, sebagai proyek strategis Nasional, diupayakan penyelesaiannya dengan pihak terkait yang memiliki luas 58.652 m2. Hampir sembilan kali lebih besar ketimbang terminal eksisting yang hanya 6.708 m2.

Luasan apron baru mencapai 72.522 m2, dari sebelumnya 29.032m2. Apron baru ini dapat menampung 12 pesawat narrow body.

Lahan parkir di terminal baru ini lebih luas hampir 4 kali lipat dari sebelumnya yaitu seluas 43.633 m2 dan bisa nampung hingga 1.200 mobil.
Ada penambahan pelayanan aviobridge 3 unit, penggunaan passanger mover system, Baggage Handling System, dan Airport Operation Control Center (AOCC)

Proyek ini menelan dana investasi Rp 1,96 triliun yang digarap sejumlah BUMN kontruksi yaitu PT Waskita Karya, PT Hutama Karya, PT PP, PT Nindya Karya dan PT Abipraya.

(Dtkc/Oryza/Mar)

Image

Index

Hari ini

IPC Pulangkan Pemudik

Inilah Era Digital IPC

Priok Terapkan Auto Gate Pass System

Dirut IPC Lepas Ribuan Pemudik Gratis

"Selamat Jalan... Semoga Selamat Sampai Tujuan"

Terminal Baru Bandara Ahmad Yani

Difungsikan Layani Mudik

Menhub Mohon Maaf Terjadi Lagi Korupsi

Pelaksana Dirjen Hubla ditunjuk Bay

Tersangka Suap Rp20 M

Dirjen Hubla Ditahan KPK

Dermaga Eksekutif

Ada di Merak dan Bakauheni

Pungli di Kemhub Dibongkar Polri

Suap Pengurusan Izin Kapal

Belawan Terapkan Sistem Inaportnet

Memberantas praktik nakal

Resmikan VTS Distrik Navigasi Kelas I Makassar

Jonan: Keselamatan Pelayaran Terjamin

Poll

Subscribe Newsletter