NEWS - Indonesia Maritime News (IMN)

TERDAFTAR: IDM000087670
DEPARTEMEN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA
DIREKTUR JENDERAL HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL
FORWAMI Adakan Diskusi
UpayaTurunkan Biaya Logistik


Indonesiamaritimenews.com (IMN)-Forum Wartawan Maritim (FORWAMI) mengadakan Diskusi dengan berbagai kalangan sebagai upaya menurunkan biaya logistik.

Ongkos logistik di Indonesia masih tergolong tinggi. Pada peringkat indeks logistik, Indonesia berada di bawah negara Jepang,Korea dan China.

Bila pelabuhan di Indonesia ingin eksis di tataran tingkat dunia maka daya saing harus terus ditingkatkan.

Hal ini yang mendorong Forwani mengadakan diskusi bertema: Penurunan Biaya Logistik di Pelabuhan.

Acara diadakan, Rabu (11/04/2018) di Hotel Sun Like, Sunter Jakarta Utara.

PT Pelabuhan Indonesia II (Pelindo II) atau IPC melakukan beberapa upaya menekan ongkos logistik. Salah satunya pengoperasian Container Freight Station (CFS) di Pelabuhan Tanjung Priok.p

CFS merupakan fasilitas penyimpanan kontainer impor berstatus less than container load (LCL) yang masih dalam pengawasan kepabeanan. Keberadaan CFS dimaksudkan untuk memperlancar arus barang dan pengurusan dokumen pelabuhan. Dengan fasilitas tersebut diharapkan biaya impor bisa dipangkas hingga 10%.

Ketua FORWAMI Damas Jati, berharap kegiatan diskusi ini bisa memberikan pemahaman yang lebih utuh tentang peran CFS Center sehingga terwujud kerja sama yang sinergis di antara semua pihak dalam menurunkan biaya logistik khususnya di pelabuhan.

Selain itu, kegiatan tersebut juga dimaksudkan untuk memperoleh gambaran tentang CFS Center yang merupakan bagian penting perwujudkan visi pembangunan digital port Pelindo II.

Diskusi yang akan dibuka Direktur Pembinaan Anak Perusahaan Pelindo II/IPC, Riri S Jetta tersebut menghadirkan sejumlah narasumber antara lain Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok, Arief Toha Tjahjagama, Kepala KPU Bea Cukai Tanjung Priok, Dwi Teguh, serta General Manager Pelabuhan Tanjung Priok, Mulyadi.

Dari kalangan asosiasi pengguna jasa, Ketua Umum INSA Carmelita Hartoto, Ketua Umum ALFI, Yuki Hanafi, dan Ketua Umum Ikatan Eksportir Importir Indonesia, Amalia.

Bagi Forwami,penyelenggaraan diskusi tersebut merupakan pelaksanaan program kerja organisasi dalam menyikapi berbagai isu khususnya yang terkait dengan pelabuhan, pelayaran maupun logistik.

Damas berharap, kegiatan ini bisa diselenggarakan setiap bulan dengan berbagai topik khususnya di ketiga sektor tersebut dan mendapat dukungan dari semua pihak terkait.

(Arry/0ryza/Mar)

Image

Index

FORWAMI Adakan Diskusi

UpayaTurunkan Biaya Logistik

Ada Apa Pelabuhan di Indonesia?

DwellingTime Turun Biaya Logistik Tetap Tinggi

Bisakah 2 Jam Urus Dokumen di IPC?

Ini Jawabannya

SP JICT Secara Sepihak Berhenti Mogok

Namun belum beraktivitas, operasional di kendalikan Koja

SP JICT Mogok

Elvyn: Tak Perlu Kuatir

Dirut IPC, Elvyn G. Masassya:

IPC Ingin Dekat Dengan Semua Lini

Sharing Session MTI

Perusahaan LakukanTransformasi Bisnis

TPK Koja Tingkatkan Performance

Faktor X & ancaman persaingan menghantui

MTI Mendapat Apresiasi

Para Dirut BUMN Peserta ELP

Sekjen DPP INSA Lolok Sudjatmiko:

Lancarkan Tol Laut, Pelindo jalankan no service no pay

Poll

Subscribe Newsletter