NEWS - Indonesia Maritime News (IMN)

TERDAFTAR: IDM000087670
DEPARTEMEN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA
DIREKTUR JENDERAL HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL
Bisakah 2 Jam Urus Dokumen di IPC?
Ini Jawabannya


Indonesiamaritimenews.com (IMN)-JAKARTA:Pada konsep pelayanan konvensional para pengguna jasa pelabuhan di Indonesia Port Corporation (IPC) ketika mengurus Dokumen harus datang kepelabuhan dan bertatap muka dengan petugas.

Selain itu, pengguna jasa harus antre dan menunggu berjam-jam mengurus dokumen. Bagi pengguna jasa itu adalah momok dan menjenuhkan.

Era persaingan global,IPC dituntut melakukan perubahan di semua lini untuk memenangkan persaingan di tingkat dunia.

TEROBOSAN
IPC membuat terobosan baru dalam upayanya menuju world class port dengan mengaplikasikan digital port di masing-masing cabang pelabuhan dan anak perusahaan melalui berbagai sistem aplikasi online.

Seluruh sistem berbasis online ini terhubung dengan system layanan tunggal berbasis internet atau INAPORTNET dan terintegrasi dengan sistem INSW (Indonesia National Single Window).

Sistem online ini, selain bertujuan untuk efisiensi juga dapat mengurangi pertemuan antara pengguna dan penyedia jasa.

DUA JAM
Pelayanan bongkar muat, diwujudkannya sistem Delivery Order (DO) Online, pengurusan dokumen hanya membutuhkan waktu satu hingga dua jam.

Hal ini dikarenakan sistem tersebut memungkinkan cargo owner atau forwarder yang mewakili untuk melakukan order dari luar pelabuhan sehingga tidak perlu lagi datang ke kantor pelayaran untuk mengambil dokumen.

Perbedaan signifikan dengan pola sebelumnya, dimana pola manual dijalankan dengan menggunakan tenaga kurir yang datang ke kantor pelayaran sehingga memerlukan waktu yang lebih panjang.

MELAYANI 24 JAM DALAM 7 HARI
Dirut IPC Elvyn G Masassya selain itu juga menjelaskan, untuk meningkatkan pelayanan pelabuhan di bawah pengoperasian IPC telah melayani 24 jam dan 7 hari dalam seminggu.

"Kami akan terus berinovasi untuk) meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa dan stakeholders dan memastikan bahwa terminal-terminal di lingkungan Pelabuhan Tanjung Priok selalu memberikan layanan terbaik, murah, cepat dan efisien kepada pengguna jasa, sehingga dapat memberi kepastian berusaha bagi pengguna jasa," kata Elvyn pada acara Stakeholders Coffee Morning yang dihadiri pengguna jasa,Senin (2/4/2018) di Jakarta.

Ia berharap kegiatan itu dapat menjadi media untuk sinkronisasi seluruh tantangan dan peluang dalam mengawali tahun 2018 ini.
(M.Arifin Mukendar)

Image

Index

FORWAMI Adakan Diskusi

UpayaTurunkan Biaya Logistik

Ada Apa Pelabuhan di Indonesia?

DwellingTime Turun Biaya Logistik Tetap Tinggi

Bisakah 2 Jam Urus Dokumen di IPC?

Ini Jawabannya

SP JICT Secara Sepihak Berhenti Mogok

Namun belum beraktivitas, operasional di kendalikan Koja

SP JICT Mogok

Elvyn: Tak Perlu Kuatir

Dirut IPC, Elvyn G. Masassya:

IPC Ingin Dekat Dengan Semua Lini

Sharing Session MTI

Perusahaan LakukanTransformasi Bisnis

TPK Koja Tingkatkan Performance

Faktor X & ancaman persaingan menghantui

MTI Mendapat Apresiasi

Para Dirut BUMN Peserta ELP

Sekjen DPP INSA Lolok Sudjatmiko:

Lancarkan Tol Laut, Pelindo jalankan no service no pay

Poll

Subscribe Newsletter