NEWS - Indonesia Maritime News (IMN)

TERDAFTAR: IDM000087670
DEPARTEMEN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA
DIREKTUR JENDERAL HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL
Kemenhub Resmikan 6 Pelabuhan di Sumatera & Bangka
Diharapkan jadi pelopor peningkatan ekonomi daerah

Indonesiamaritimenews.com(IMN),Aceh:Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meresmikan beroperasinya 6 pelabuhan di Pulau Sumatera dan Pulau Bangka bagian dari 91 pelabuhan yang disiapkan pemerintah. Pelabuhan yang dibangun tersebut diharapkan menjadi pelopor peningkatan ekonomi daerah.

Pelabuhan yang diresmikan adalah Pelabuhan Calang dan Pelabuhan Singkil di Provinsi Aceh, Pelabuhan Sirombu dan Pelabuhan Tanjung Tiram di Provinsi Sumatera Utara, Pelabuhan Tua Pejat di Provinsi Sumatera Barat, serta Pelabuhan Sadai di Provinsi Bangka Belitung.

Peresmian pelabuhan di Wilayah Sumatera dan Bangka dilakukan terpadu dimulai dengan pemukulan bedug dan penandatanganan prasasti oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Antonius Tonny Budiono.

Tonny dalam sambutannya menyampaikan bahwa pembangunan infrastruktur kepelabuhanan yang memadai diharapkan dapat memfasilitasi konektivitas antar wilayah menjadi lebih efektif, efisien dan terjangkau.

Dirjen Hubla yang baru diangkat ini menjelaskan lebih lanjut, pelabuhan yang diresmikan tersebut dapat meningkatkan aksesibilitas arus manusia dan barang sehingga mampu menjadi pelopor dalam menggerakkan perekonomian dan kemandirian ekonomi suatu wilayah.

Masyarakat diharapkan akan mendapatkan aksesibilitas transportasi yang lebih mudah untuk melakukan aktivitas dan mobilisasi sehingga mampu menggerakkan dan menumbuhkan perekonomian masyarakat setempat serta menekan disparitas harga antar daerah di seluruh wilayah Indonesia.

Pembangunan pelabuhan di Pulau Sumatera ini juga berfungsi untuk melayani pelayaran kapal perintis. Adapun jaringan trayek kapal perintis meliputi trayek R-1, R-2 dan R-3 dengan kapal-kapalnya antara lain KM Sabuk Nusantara 35, KM Sabuk Nusantara 37, dan Kapal Coaster sebesar 1200 DWT.

Menurut Toni,pembangunan dan pengembangan keenam pelabuhan ini dibiayai oleh dana APBN dengan total nilai investasi sebesar Rp 264,4 miliar.

Peresmian 6 pelabuhan itu adalah bagian terakhir dari penyelesaian pembangunan 91 infrastruktur pelabuhan yang tersebar di seluruh penjuru tanah air . Sebagai perwujudan komitmen pemerintah dalam rangka pemerataan pembangunan yang tidak hanya terpusat di Pulau Jawa tetapi merata ke seluruh penjuru tanah air Indonesia .


(SUM/Oriza/Mar)

Image

Index

SP JICT Secara Sepihak Berhenti Mogok

Namun belum beraktivitas, operasional di kendalikan Koja

SP JICT Mogok

Elvyn: Tak Perlu Kuatir

Dirut IPC, Elvyn G. Masassya:

IPC Ingin Dekat Dengan Semua Lini

Sharing Session MTI

Perusahaan LakukanTransformasi Bisnis

TPK Koja Tingkatkan Performance

Faktor X & ancaman persaingan menghantui

MTI Mendapat Apresiasi

Para Dirut BUMN Peserta ELP

Sekjen DPP INSA Lolok Sudjatmiko:

Lancarkan Tol Laut, Pelindo jalankan no service no pay

Proyek Pelabuhan Patimban Telan Anggaran Rp43 Triliun

Dikerjakan Selama 10 Tahun

IPC Berangkatkan 18.412 Pemudik Gratis

Naik 185 Bus ke 14 Kota

Kemenhub Resmikan 6 Pelabuhan di Sumatera & Bangka

Diharapkan jadi pelopor peningkatan ekonomi daerah

Poll

Subscribe Newsletter