NEWS - Indonesia Maritime News (IMN)

TERDAFTAR: IDM000087670
DEPARTEMEN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA
DIREKTUR JENDERAL HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL
Angkatan Laut 35 Negara Tampil di Komodo 2016
Latihan Bersama di Padang


Indonesiamaritimenews.com(IMN),JAKARTA: Latihan bersama militer Angkatan Laut 35 negara bertajuk Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2016 yang digelar di Padang, Sumatera Barat, dibuka oleh Presiden Joko Widodo.

Pembukaan latihan Gabungan negara-negara Samudera Pasifik dan India berlangsung di Markas Komando Pangkalan Utama Angkatan Laut II (Lantamal II), Teluk Bayur, Padang, Sumatera Barat, Selasa (12/4/2016). Acara ini berlangsung dua tahun sekali dan kali ini digelar di Padang dan Mentawai.

Latihan perang ini diikuti oleh 47 kapal, terdiri dari 20 kapal dari 16 negara, 11 kapal dari TNI AL, dan 11 kapal dari institusi lainnya. Kegiatan ini terdiri dari tiga bagian yaitu International Fleet Review, Multilateral Naval Exercise Komodo, dan Western Pasific Naval Symposium.

Dalam latihan ini Angkatan Laut dari negara-negara yang terlibat, akan bekerjasama? menjalankan kegiatan dengan skenario latihan misi bantuan kemanusiaan seperti Medical Civic Action Project (Medcap) dan? Engineering Civic Action Project (Encap), serta latihan dalam Maritime Peace Keeping Operation (MPKO).

MISI KEMANUSIAAN
Presiden Jokowi dalam sambutannya mengatakan, bantuan kemanusiaan sangat dibutuhkan sehingga diperlukan latihan operasi militer selain perang, dan? akan maksimal bila tidak dilakukan sendiri. "Dalam pelaksanaannya dibutuhkan negara sahabat yang membentang dari Samudera Pasifik hingga Samudera Hindia," kata Jokowi.

Sedangkan Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Ade Supandi mengatakan Komodo 2016 menunjukkan kesiapan Angkatan Laut negara peserta dalam mengemban tugas, meningkatkan kerjasama, perdamaian dan bantuan kemanusiaan. "Selain itu kegiatan ini juga menguatkan diplomasi angkatan laut," jelas Ade Supandi.

Kegiatan ini juga memperkuat tali persaudaraan antara masyarakat Sumatera Barat dengan delegasi masing-masing negara. "Kegiatan ini tidak hanya di atas kapal namun juga ada kegiatan sosial dan delegasi akan langsung berbaur dengan masyarakat," tambah dia.

Usai acara pembukaan, Presiden Jokowi mengikuti Fleet Inspection dalam International Fleet Review 2016 (IFR 2016) menggunakan KRI Frans Kaisiepo-368? diiringi atraksi flying pass, fly board serta parade perahu hias. Tak kurang dari 20 kapal perang berbagai kelas dari 15 negara lego jangkar dalam formasi di Teluk Bayur. Acara ini juga dihadiri Mensesneg Pratikno, Menko Maritim Rizal Ramli, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujiastuti, Seskab Pramono Anung, serta para duta besar.

DIPLOMASI PERTAHANAN
Dalam siaran Pers Dispen AL disebutkan, Komodo 2016 yang digelar 12 April-16 April 2016 merupakan rangkaian kegiatan sebagai bentuk diplomasi pertahanan Angkatan Laut di masa damai. Latihan ini diarahkan pada kesepahaman toleransi dan transparansi antar Angkatan Laut internasional.

Jokowi juga meresmikan monumen Merpati Perdamaian (Peace Dove Monument) yang berselaras dengan materi dari Komodo 2016, yaitu fokus pada kegiatan Maritime Peace Keeping Operation (MPKO) di Taman Muaro Lasak.

Dalam IFR juga akan dirangkai dengan interaksi antar anggota kapal perang berbagai negara seperti Selaju Sampan (lomba dayung), sepak bola pantai, festival kuliner Marandang di pantai Cimpago, serta kirab kota dengan maskot masing-masing negara, funbike yang diikuti delegasi WPNS, dance and band performance, promosi kebudayaan dan kuliner Indonesia (cultural dinner).

Sedangkan di forum WPNS sangat penting mewujudkan kemitraan maritim. Simposium berskala internasional dengan tema "Maritime Partnership For Stability In The Western Pacific Region" bertujuan meningkatkan dan menjaga keamanan di wilayah Perairan Pacific Barat, mempersiapkan materi diskusi WPNS ke-15 yang akan berlangsung di Kota Padang, Sumatra Barat, pada 13-14 April 2016 di Hotel Inna Muara Padang dan akan dihadiri 27 negara.

Selain itu dalam Latihan Multilateral Naval Exercise Komodo 2016 berbagai kegiatan juga digelar seperti Engineering Civic Action Project (Encap): pembangunan infrastruktur perbaikan jalan,(Medcap Project) : pelayanan kesehatan umum, gigi dan khitan, pelayanan operasi katarak dan bedah, penyuluhan kesehatan serta pemberian alat kesehatan perorangan, donasi alat medis. (Medical Exercise) : pertolongan pertama, menentukan jenis perawatan darurat, Medical Evacuation, serta disaster victim identification.
(SUM/Oriza/Mar)

Image

Index

Meriam Meledak 4 Prajurit TNI Gugur

LAtihan PPRC di Natuna

Kementerian BUMN Berangkatkan 93.334 Pemudik

Pemudik Masuk Rekor MURI

TNI AL Tangkap Kapal Tiongkok di Aceh

Buronan Interpol

Angkatan Laut 35 Negara Tampil di Komodo 2016

Latihan Bersama di Padang

Pasar Ikan Digempur, Warga Menjerit

Kampung Luar Batang Tinggal Puing

2 Penerjun Payung Tewas Jatuh di Halim

Gladi Bersih HUT ke-70 TNI AU

Helikopter TNI Jatuh 13 Prajurit Gugur

Tersambar Petir di Poso

Inilah Kapal Baru TNI -AL KRI Rigel 933

Buatan Perancis canggih se-Asia

Presiden Jokowi Terimakasih Pada Google

Ikut Perangi Illegal Fishing di Indonesia

Maroef Sjamsoeddin Mundur

Tinggalkan Jabatan Presdir Freeport

Poll

Subscribe Newsletter