NEWS - Indonesia Maritime News (IMN)

TERDAFTAR: IDM000087670
DEPARTEMEN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA
DIREKTUR JENDERAL HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL
Pesawat Batik Air Tabrak TransNusa
Di Runway Halim Perdanakusuma

Indonesiamaritimenews.com (IMN),JAKARTA : Pesawat Batik Air menabrak pesawat TransNusa ketika akan lepas landas di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Tidak ada korban jiwa, namun kedua pesawat mengalami kerusakan cukup parah.

Kecelakaan terjadi Senin (4/4/2016) malam sekitar pukul 19.55 di runway atau landas pacu ketika Batik Air jenis Boeing 737-800 registrasi PK-LBS nomor penerbangan ID 7703 rute Halim Perdanakusuma-Makassar akan take off.

Pesawat Batik Air milik Lion Group, menabrak TransNusa jenis ATR registrasi PK-TNJ yang sedang ditarik menuju hanggar. Insiden ini mengakibatkan pesawat ATR rusak di bagian ekor dan sayap kiri, sedangkan pesawat Batik Air di ujung sayap sebelah kiri.

Suara dentuman keras disusul munculnya api di bagian sayap pesawat hingga membuat 49 penumpang termasuk 7 awak pesawat penumpang Batik Air panik. Para penumpang keluar dari tangga darurat, bahkan sebagian dari mereka nekat melompat dan lari menyelamatkan diri.

Gunawan, seorang penumpang mengatakan, ia mendengar semacam ledakan kencang. ?Ada dentuman, kencang sekali,? kata Gunawan. Penumpang juga melihat awak pesawat panik. ?Pilot teriak, fire, fire,? ungkapnya.

Mereka dievakuasi ke di lounge Bandara Halim dan rata-rata mengalami shock. Sebagian penumpang memilih batal terbang dan pulang ke rumah masing-masing karena masih trauma.

Pasca tabrakan ini, Bandara Halim Perdanakusuma ditutup hingga pukul 00.00 karena runway dibersihkan serta proses evakuasi kedua pesawat.

PENERBANGAN DIALIHKAN
Akibat peristiwa tersebut sejumlah penerbangan dari Halim dibatalkan, begitupula pesawat yang sedianya akan landing di bandara ini, antara lain Citylink dialihkan mendarat di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng.
Sementara itu Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan J.A. Barata menjelaskan, kecelakaan terjadi saat Batik Air akan lepas landas. "Pada saat pesawat Batik Air sedang take off, pada saat yang bersamaan terdapat pesawat TransNusa yang berada di run way yang sedang di towing menuju hanggar," jelas J.A. Barata.

Kementerian Perhubungan telah meminta Komite Nasional Kecelakaan Transportasi (KNKT) untuk memeriksa Air Traffic Control (ATC) dan Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) guna mengusut kasus ini.

Sedangkan Presiden Direktur Lion Air Group Edward Sirait mengatakan pada saat kejadian, pesawat Batik Air sudah dirilis untuk take off oleh menara pengawas atau ATC.
(Arry/Oryza/Mar)

Image

Index

Dermaga Eksekutif

Ada di Merak dan Bakauheni

Pungli di Kemhub Dibongkar Polri

Suap Pengurusan Izin Kapal

Belawan Terapkan Sistem Inaportnet

Memberantas praktik nakal

Resmikan VTS Distrik Navigasi Kelas I Makassar

Jonan: Keselamatan Pelayaran Terjamin

Tonny Budiono Jabat Dirjen Hubla

Menteri Jonan Lantik 3 Pejabat

9 Perompak Disergap KRI Untung Suropati

Diduga Dikendalikan dari Singapura

Pelni Siapkan 25 Kapal

Hadapi Mudik Lebaran 2016

10 ABK Indonesia Masih Disandera

Filipina Tolak Bantuan TNI

Tahun Depan Pelni Tambah 3 Kapal

Program Tol Laut

Pesawat Batik Air Tabrak TransNusa

Di Runway Halim Perdanakusuma

Poll

Subscribe Newsletter