NEWS - Indonesia Maritime News (IMN)

TERDAFTAR: IDM000087670
DEPARTEMEN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA
DIREKTUR JENDERAL HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL
BC Tangkap CAJMAV Warga Perancis
Selundupan Marijuana dan Hashish di dubur

Indonesiamaritimenews.com(IMN),BANDUNG:Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Purwakarta (KPPBC TMP) A Bandung menggagalkan upaya penyeludupan Marijuana dan hasish yang dilakun warga Perancis berinisial CAVMAJ melalui dubur di Bandara Husein Sastra Negara, Senin (21/3/2016).

Modus penyeludupan dilakukan tersangka dengan memasukan barang haram tersebut ke dalam dubur serta disembunyikan dalam botol shampo, dan di dalam lipatan celana panjang.

KRONOLOGIS :
Penangkapan itu menurut Hariono Humas BC Bandung, dilakukan berdasarkan analisa pra kedatangan dan profil history penerbangan oleh analis Intelijen Bea dan Cukai.

Petugas mencium CAJMAV Warga yang menggunakan penerbangan Air Asia dengan rute Phnom Penh - Kuala Lumpur, dan Kuala Lumpur ? Bandung masuk dalam kategori Very High Risk.

Pada saat kedatangannya di Bandara Husein Sastranegara, warga Perancis itu, diintrogsi petugas BC. Ia terlihat gelisah dan tidak fokus sehingga menambah kecurigaan petugas.

Petugas kemudian memeriksa badan dan seluruh barang bawaan Warga Perancis yang memiliki Nomor Passport : 15A161967 kemudian dirontgen. Ternyata di dalam tubuhnya ditemukan benda asing di wilayah sternum / dubur.

Pemeriksaan berlanjut, seluruh barang bawan tersangka diperiksa .Hasilnya petugas menemukan berbagai barang terlarang.

BARANG BUKTI
Barang bukti yang ditemukan petugas seperti:
- 10,40 gram (netto) yang diduga kuat Marijuana / Ganja Kering

- 1 (satu) plastik kecil 1,20 gram (bruto) Hashish dalam bentuk Pasta dikemas jadi satu dalam bungkusan plastic wrap yang dimasukkan ke dalam dubur.

- 3.413,53 (empat ratus tiga belas koma lima puluh tiga) gram (bruto) Hashish dalam bentuk Cair adalah dengan cara dimasukkan ke dalam botol shampoo kemasan 320 ml didalam koper,

- 1 (satu) paket plastik kecil seberat 0,66 gram (bruto) Hashish dalam bentuk Pasta disembunyikan di lipatan celana panjang dalam tas punggung.

Selanjutnya BC menyerahkan pelaku dan barang bukti kepada BNNP Provinsi Jawa Barat untuk proses lebih lanjut.

KERUGIAN SOSIAL:
Kerugian yng ditimbulkan apabila Hashish dan Marijuana / Ganja Kering, tersebut sampai lolos maka akan dapat menimbulkan dampak negatif .

Diperkirakan sebanyak ? 333 (tiga ratus tiga puluh tiga) jiwa yang menggunakannya narkoba.

ANCAMAN HUKUMAN:
Akibat perbutannya, lelaki yang beralamat Jl. Tying Tutul No. 7A, BR Kelepekan, Badung, Bali dikenakan pasal berlapis.

Pasal 102 huruf e Undang-Undang Nomor 17 tahun 2006 tentang Perubahan Undang-Undang Nomor 10 tahun 1995 tentang Kepabeanan, dengan ancaman hukuman berupa pidana penjara minimal 1 (satu) tahun, maksimal 10 (sepuluh) tahun dan denda pidana minimal 50.000.000,- (Lima puluh Juta Rupiah), maksimal Rp. 5.000.000.000,- (Lima milyar Rupiah),

Junto Pasal 111 ayat 1 Undang-Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman berupa pidana penjara paling singkat 4 (empat) tahun dan paling lama 12 (dua belas) tahun dan pidana denda paling sedikit Rp. 800.000.000,00 (delapan ratus juta rupiah) dan paling banyak Rp. 8.000.000.000,00 (delapan miliar rupiah).






(SUM/Oriza/Mar)

Image

Index

Kapal Meledak, 5 Pekerja Tewas

Sedang Dirakit di Serang

MTI Minta Opini Jaksa

Pengelolaan aset dan dana perusahaan

Istri Kapolri Menyelam Kibarkan Merah Putih

Di Bawah Laut Raja Ampat

6 Kontainer Pupuk Palsu Disita

Di Pelabuhan Tanjung Priok

BC Tangkap CAJMAV Warga Perancis

Selundupan Marijuana dan Hashish di dubur

Nelayan Tetap Tolak

Reklamasi Teluk Jakarta

Dirjen Hubla Kemenhub, Bobby Mamahit Ditahan

Kasus Pembangunan BP2IP di Sorong

Insinyur Perkapalan Tembak Mati Teroris

AKBP Ir. Ahmad Untung Sangaji

Gayus Tambunan Keluyuran Lagi

Kepergok Makan Di Restoran

57 Kg Shabu China Dibawa Pakai Kontener

Diselundupkan di Pelabuhan Panjang

Poll

Subscribe Newsletter