NEWS - Indonesia Maritime News (IMN)

TERDAFTAR: IDM000087670
DEPARTEMEN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA
DIREKTUR JENDERAL HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL
Urusan Izin di 21 Kementerian Dialihkan ke BKPM
Jokowi: Selama Ini Bagi-bagi Kue


Indonesiamaritimenews.com(IMN),Jakarta : Urusan izin di 21 kementerian kini satu pintu di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Presiden Joko Widodo selama ini ada bagi-bagi kue dalam kepengurusan izin.

Menurut Jokowi, di awal masa jabatan sebagai Presiden ia melihat sendiri proses mengurus izin sangat bertele-tele dan lama. Mengurus satu izin saja butuh waktu bertahun-tahun sehingga investor kurang tertarik berinvestasi di Indonesia.

"Kalau seperti itu diteruskan, jangan harap kita masuk ke era persaingan ini. Lupakan kalau seperti itu. Urus izin bukan hanya bulan, tapi tahun. Negara lain izin sudah cepat, hanya urusan jam atau urusan hari. Kita masih bulan, bahkan tahun. Artinya belum ada sistem cepat yang dibangun," katanya di PLB Cakung, Jakarta, Kamis (10/3/2016).

Presiden mengatakan, tidak mudah mengalihkan kepengurusan izin di 21 kementerian menjadi satu pintu, karena ada pihak-pihak yang merasa kehilangan kue. Belakangan, 21 kementerian akhirnya menyerahkan kepengurusan izin ke BKPM.

"Dulu didorong-dorong sulit setengah mati. Kenapa sulit.bapak ibu tahu semuanya karena di situ ada 'kue'. Kita blak-blakan saja, bener kan?Masa, kue mau diserahin," tukas Jokowi di Pusat Logistik Berikat, di Cakung, Jakarta Timur, Kamis (10/3/2016).


UBAH POLA PIKIR
Jokowi menilai pola pikir tersebut sudah kuno dan harus diubah. Sebelumnya, lajut Jokowi, mengurus izin bertele-tele karena tak cukup hanya ke BKPM, karena harus mengurus izin dari satu kementerian ke kementerian yang lain. Ia pun mematok waktu 6 bulan kepada para menteri untuk menyerahkan soal perizinan menjadi satu pintu di BKPM.

Jokowi meminta para menteri dalam 6 bulan harus menyelesaikan masalah perizinan yang bertele-tele tersebut. Selain itu, Jokowi meminta semua kementerian menyerahkan urusan perizinan satu pintu di BKPM.

Setelah empat bulan berjalan, ternyata proses perizinan yang telah dialihkan ke BKPM bisa selesai dalam waktu seminggu. Namun Presiden minta waktu dipangkas lagi dan harus selesai dalam hitungan jam. Kini mengurus perizinan hanya butuh waktu 3 jam.

Investor yang ingin membuka investasi baru silakan dibuktikan karena saya sudah suruh beberapa pengusaha cek, bener nggak. Kembali ke saya, betul pak sudah 3 jam untuk 8 perizinan. Ini baru memberikan efisiensi pada negara," tukas Presiden. (SUM/Oriza/Mar)

Image

Index

6 Holding Company BUMN Disiapkan

Menko Perekonomian Membahas bersama Rini Soemarno dan Sri Mulyani

JAI Terima Tiga Sertifkat ISO 2015

"Membanggakan namun merupakan tantangan"

INSA Minta Proyek Drilling Dikerjakan Perusahaan Lokal

SKK Migas Dukung Azas Cabotage

FSRU Lampung Serap Kargo LNG Tangguh

Akhir Mei 2016

Petamina Bangun Kilang di Tuban & Bontang

Penuhi Kebutuhan BBM Nasional

Urusan Izin di 21 Kementerian Dialihkan ke BKPM

Jokowi: Selama Ini Bagi-bagi Kue

Pasar Logistik Asia Tenggara Bisa Direbut

11 Pusat Logistik Berikat Diresmikan

Primus Sebut BUMN Kaum Dhuafa

Tahun ini pemerintah ,menyuntik dana Rp 80 Triliun

BUMN Dapat Kucuran PMN Rp34,32 Triliun

Dilarang Dipakai Proyek KA Cepat

3 Bank Pelat Merah Utang Ke Tiongkok

Rp43 Triliun Untuk Pembanguan Infrastruktur

Poll

Subscribe Newsletter