NEWS - Indonesia Maritime News (IMN)

TERDAFTAR: IDM000087670
DEPARTEMEN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA
DIREKTUR JENDERAL HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL
Danau Toba Dibuat Seperti di Paris
Genjot Industri Pariwisata

Indonesiamaritimenews.com(IMN),JAKARTA : Kawasan WisataDanau Toba, Sumatera Utara, ditetapkan sebagai salah satu prioritas pembangunanpariwisata. Hal ini dibahas dalam rapat kabinet terbatas yang dipimpin olehPresidenJoko Widodo di Istana Presiden, Selasa (2/2/2016).

Jokowitertarik mendorong industri pariwisata salah satunya Danau Toba guna mennggenjotperekonomian. Berapa langkah yang akan dilakukan telah disiapkan pemerintah,dan langkah pertama adalah pembersihan lokasi. ?
Menko Maritim Rizal Ramli usai rapat kabinet menjelaskan, langkah pertama yangdilakukan adalah pembersihan secara menyeluruh. Menurut dia, kawasan tersebutsaat ini sangat kotor.

Pasalnya, banyak peternak yang memasukkan pakan ikan dansetiap bulan mencapai 256 ton.
?20% tidakdimakan ikannya, dan itu menjadi racun dan membuat bau airnya, kalau berenangbisa gatal-gatal," kata Rizal Ramli. Menurut Rizal, pemerintah tidak akanmengganggu aktivitas nelayan, melainkan akan melakukaan penataan melaluiteknologi.

?Kita akan sediakan feeding box, alat kasih makan. Nanti ikannya makan sampaisore, nanti kalau tidak habis pakannya tidak jatuh ke bawah,? jelas RizalRamli.

MenurutRizal, ada 7 kabupaten di sekitar Danau Toba yang telah sepakat mengembangkanlokasi wisata tersebut. Rizal bermimpi kawasan Danau Toba nantinya tak kalahdengan Paris, Prancis, dimana wisatawan bisa keliling danau naik kapalmenikmati keindahan alam. Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup jugadigandeng dan telah siap menyediakan 500 hektar lahan hijau

KEMBANGKAN POTENSIDAERAH
Berbagai potensi daerah akan dikembangkan untuk mendukung pengembanganpariwisata sekaligus menggenjot ekonomi rakyat setempat. Beberapa konsep yangakan dilaksanakan guna pengembangan Danau Toba sebagai industri pariwisataantara lain:

1. Optimalisasi hasil produksi kawasansetempat antara lain hasil pertanian berupa buah-buahan, sayur-sayuran sertaberbagai ragam makanan.
2.?Pembangunan infrastruktur untukmemudahkan konektivitas jalan, bandar udara (bandara) serta pelabuhan. Diantaranya, jalan lingkar di Pulau Samosir dan jalan tembus menuju BandaraKualanamu. Nantinya akan dibangun jalan besar ke Kualanamu untuk menghindarikemacetan, serta menyiapkan kapal 300 GT menuju Pulau Samosir. Untuk itu,perairan antara Tano Ponggol dan Pulau Samosir akan diperdalam.
3.Penguatan sisi sejarah Danau Toba.Rizal menjelaskan bahwa terbentuknya danau tersebut dari 30.000 sebelum masehi.Saat ada ledakan besar dan membuat dunia gelap gulita tebaran abu. Inimerupakan sejarah dunia yang bisa menjadi daya tarik untuk datang ke danautersebut.

Proyek besar ini akan dikerjakan oleh BadanOtoritas Kawasan Toba melibatkan pemerintah pusat dan pemerintah provinsi sertapemerintah kabupaten kota.
(Arry/Yasmin/Mar )

Image

Index

Siswa SMP Digigit Hiu Di Papua

Berenang di Pantai Nabire

Turis Rusia Diserang Buaya di Raja Ampat

Ditemukan Tewas

Danau Toba Dibuat Seperti di Paris

Genjot Industri Pariwisata

18 Pelabuhan Siap Layani Yacht Asing

Untuk mendongkrak kunjungan wisatawan

HUT RI ke 70 Ancol

Panjat pinang kolosal dan panggung musisi

Sail Raja Ampat 2014

Kapal Perang Lakukan Sailing Pass Penghormatan Pada SBY

Priok Penuhi Standar Internasional

IPC & pewaris makam Mbah Priok sepakat

Travel Luar Negeri Tertarik Ancol

Sebagai wisata bahari terpadu, punya resort di tengah kota

Poll

Subscribe Newsletter