NEWS - Indonesia Maritime News (IMN)

TERDAFTAR: IDM000087670
DEPARTEMEN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA
DIREKTUR JENDERAL HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL
Indonesia Ekspor Kapal Perang Ke Filipina
Buatan PT PAL, Diluncurkan Di Surabaya

Indonesiamaritimenews.com(IMN'),JAKARTA : Kapal perang perdana buatan PT PAL Indonesia (Persero) segera diekspor ke Filipina, Juni 2016.? Jenis kapal tersebut yaitu Strategic Sealift Vessel (SSV). Ini pertama dalam sejarah Indonesia mengekspor kapal perang.

Kapal multipurposed SSV tersebut dibuat selama dua tahun di Surabaya dan diluncurkan Senin (18/1/2015).? Spesifikasi kapal perang tersebut yaitu panjang 123 meter, lebar 21,5 meter, bobot 10.300 ton dengan Gross Register Tonnage (GRT) 7.400 ton dan kecepatan 16 knot dengan ketahanan berlayar tanpa mengisi BBM (endurance) tiga hari.

Jenis kapal ini hampir sama dengan jenis yang dioperasikan oleh TNI AL yaitu KRI Banjarmasin dan KRI Banda Aceh yang bisa mengangkut puluhan tank, kapal cepat, serta dilengkapi helipad. Memenuhi pesanan Filipina dua kapal senilai US$ 45 juta tersebut dilengkapi meriam kaliber 76.
Peluncuran berlangsung di Surabaya, Jawa Timur, Senin dihadiri sejumlah pejabat antara lain Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli, Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu dan Menteri Pertahanan Filipina Voltare Gazmin.

Selain kapal SSV pesanan Kementerian Pertahanan Filipina, juga diluncurkan kapal perang Perusak Kawal Rudal (PKR) 1 pesanan Kementerian Pertahanan RI.

KARYA ANAK BANGSA
Rizal Ramli mengatakan, ini merupakan momentum yang tepat bangkitnya industri maritim di Tanah Air. "Keahlian orang Indonesia sangat bagus, kemampuan membangun, teknikal skill lumayan bagus. Tapi kita perlu kerja sama di bidang teknologi dan manajemen," kata Rizal.
Kapal SSV merupakan hasil karya mandiri anak bangsa, pengembangan jenis Landing Platform Dock (LPD). Kapal ini juga multifungsi, digunakan mendukung kebutuhan militer yang mampu mengangkut 500 personel serta 121 kru, serta bisa dipakai mendukung misi kemanusiaan misalnya mengangkut alat berat yang akan dibawa ke lokasi bencana alam, ambulans atau difungsikan sebagai rumah sakit terapung.

Sedangkan kapal perang canggih PKR-1 kelas Frigate hasil transfer teknologi DSNS, belanda. Kapal canggih PKR-1 jenis Frigate Class memiliki panjang 105,11 meter, lebar 14,2 meter, kecepatan 28 knot, dapat berlayar sampai 5.000 nm pada 14 knot ddengan ketahanan berlayar 20 hari.



?





(Arry/Yasmin/Mar)

Image

Index

Industri Pelayaran Kian Terpuruk

Dihantam Krisis Ekonomi Global

10 ABK Indonesia Akhirnya Dibebaskan Abu Sayyaf

5 Pekan Ditawan di Filipina

Pelaut Demo Damai di Depan Istana

Tuntut Standarisasi Gaji Sesuai ILO

10 ABK Indonesia Akan Ditebus

Abu Sayyaf ancam akan bunuh sandera

Kapal Malaysia Dibajak 3 ABK Indonesia Dilepas

Di Pulau Ligitan

Indonesia Ekspor Kapal Perang Ke Filipina

Buatan PT PAL, Diluncurkan Di Surabaya

KM Marina Karam, 70 Penumpang Hilang

Di Teluk Bone Sulawesi Selatan

SertifikasiI KM Komponen Kapal

Pemerintah Bantu Fasilitas Pembiayaan

Hanya 3 Kapal Tol Laut Diluncurkan

Pelni Gagal Dapat Kucuran PMN

Pelaut Indonesia Diminati Dunia

Etos Kerja Lebih Unggul tapi jumlah yang dihasilkan masih kurang

Poll

Subscribe Newsletter