NEWS - Indonesia Maritime News (IMN)

TERDAFTAR: IDM000087670
DEPARTEMEN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA
DIREKTUR JENDERAL HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL
Pesawat Germanwings Sengaja Dijatuhkan Copilot
Andreas Lubitz Diduga Patah Hati

Indonesiamaritimenews.com (IMN),BERLIN: Kecelakaan pesawat Germanwings yang menewaskan 150 penumpang, diduga sengaja dijatuhkan oleh copilot Andreas Lubitz. Sebelum pesawat jatuh, pilot berusaha mendobrak pintu pakai kapak.


Kantor berita AFP, Jumat (27/3/2015) menyebutkan, pilot saat itu meninggalkan tempat menuju kokpit diduga ke toilet. Rupanya pintu dikunci oleh copilot Lubitz. Pilot berulangkali mengetuk pintu kokpit saat pesawat terus turun dari ketinggian.


Berdasarkan rekaman audio kokpit, Kapten Pilot berusaha mendobrak pintu menggunakan kapak yang memang ada di pesawat Airbus A30 tersebut. Kapak adalah salah satu benda yang disediakan di pesawat sebagai perlengkapan keselamatan. Tak lama terdengar jerit histeris penumpang sebelum pesawat jatuh menabrak pengunungan Alpen di Prancis.


Jaksa Prancis Brice Robin sebelumnya mengatakan, Lubitz yang berusia 28 tahun, sengaja menjatuhkan pesawat. Ketika itu pilot meninggalkan kokpit diduga untuk ke toilet.


Diberitakan sebelumnya, pesawat Airbus A320 Germanwings milik perusahaan Lufthansa yang membawa 150 penumpang termasuk 6 kru, jatuh di pegunungan Alpen Prancis, Senin (24/3/2015). Pesawat itu dalam penerbangan dari Barcelona, Spanyol menuju Duesseldorf, Jerman.





DEPRESI


Lubitz diduga mengalami depresi, namun belum ada pernyataan resmi tentang kondisi mental pemuda itu sebelum terbang. Surat kabar Jerman, Bild, seperti dilansir AFP, menyebutkan Lubitz baru putus dari kekasihnya. Disinyalir ia patah hati dan mengalami depresi.


Surat kabar lainnya, Frankfurter Allgemeine Zeitung memberitakan Lubitz pernah mengalami depresi saat mengikuti pelatihan pilot pada 2008. Saat itu, Lubitz berhenti mengikuti pelatihan selama beberapa bulan. Belum ada pernyataan resmi tentang penyebab Lubitz menjatuhkan pesawat. Kepolisian Jerman telah menggeledah rumah Lubitz untuk mencari bukti-bukti yang bisa mengungkap penyebab pemuda itu berbuat nekat. (Mardi/Oryza/war)

Image

Index

Evakuasi 54 Jenazah Terhambat Cuaca

Trigana Air Jatuh di Papua

Sandy Permana Prajurit Terbaik

Kapten Pilot Hercules

Hercules TNI Jatuh

Evakuasi Masih Berlangsung

Pesawat Germanwings Sengaja Dijatuhkan Copilot

Andreas Lubitz Diduga Patah Hati

Merpati Jual 2 Anak Usaha

Untuk membiayai anak usaha baru

Emirates dan Qantas Bermitra

Pelanggan meningkat

Emirates Laba US $ 845 Juta

Tambah 34 armada

Emirates dan Qantas Bermitra

Pelanggan meningkat

Ketum DPP Partai Demokrat

Dari Anas ke SBY

Poll

Subscribe Newsletter