NEWS - Indonesia Maritime News (IMN)

TERDAFTAR: IDM000087670
DEPARTEMEN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA
DIREKTUR JENDERAL HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL
Indonesia-Jepang Kerjasama Bidang Kelautan
Bentuk Forum Maritim

Indonesiamaritimenews.com (IMN),JAKARTA: Indonesia dan Jepang sepakat meningkatkan kerjasama keamanan maritim, industri maritim, dan infrastruktur maritim. Kedua negara membentuk forum maritim sebagai wadah mengembangkan kerjasama.

Peningkatan kerjasama ini dibahas dalam pertemuan bilateral antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri (PM) Shinzo Abe di Tokyo, Jepang, Senin (23/3/2015). Kedua negara juga akan menggelar pertemuan rutin membahas soal kelautan. Selain itu, negeri Sakura itu juga akan meningkatkan investasi di Indonesia.

"Kami berharap untuk memberikan kontribusi untuk perdamaian dan kemakmuran bagi kawasan dan komunitas internasional dengan memperkuat kerja sama strategis dengan Indonesia, yang seperti halnya Jepang, adalah negara maritim dan demokrasi," kata Abe.

Abe mengatakan, ia telah bertukar pikiran tentang isu kedua negara. Sebagai sesama negara demokratis dan negara maritim di Asia, Indonesia dan Jepang akan meningkatkan hubungan strategis antara kedua negara.

Pertemuan kedua petinggi negara ini dilakukan dalam lawatan Presiden Jokowi ke tiga negara pada 22-28 Maret 2015. Jokowi memperluas kerj sama dalam berbagai bidang di negara-negara yang dikunjungi, terutama Jepang dan Tiongkok.



DISEPAKATI

Sementara itu Presiden Jokowi menilai Jepang sebagai negara damai yang demokratis telah memberikan kontribusi besar di bidang ekonomi kepada Indonesia.

Jokowi mengatakan kedua pihak sudah sepakat bekerja sama di bidang maritim. "Kerja sama di bidang maritim disepakati untuk membentuk forum maritim," katanya.

Dua negara juga sepakat untuk bekerja sama di bidang pertahanan, perdagangan, serta peningkatan promosi investasi. Presiden juga menjadwalkan bertemu dengan kalangan pebisnis Jepang, termasuk perusahaan otomotif Toyota.

Rencana kerjasama Indonesia-Jepang sebelumnya sudah dicetuskan Jokowi dan Abe di sela-sela acara Asia Pasific Economic Forum (APEC) yang berlangsung di Bejing, China, November 2014. (Arry/Oryza/Mar)

Image

Index

Kapal TNI Tangkap Kapal China

Di Laut Natuna

100 Kapal Pencuri Ikan Ditenggelamkan 2016

Target Menteri Susi

Indonesia-Jepang Kerjasama Bidang Kelautan

Bentuk Forum Maritim

Pejabat Dishub DKI

Ditahan Kejaksaan Agung Tersandung Korupsi Kapal

Pejabat Dishub DKI

Ditahan Kejaksaan Agung Tersandung Korupsi Kapal

Indonesia Punya UU Kelautan

Setelah 69 tahun merdek

Indonesia Punya UU Kelautan

Setelah 69 tahun merdek

Kapal Tanker MT Cilacap Terbakar

Bawa 4.500 kiloliter BBM

Pemilu Jurdil dan Berkualitas Terus Diperjuangkan

Agar pemimpin terpilih mendapat legitiminasi

Konsep Ocean Governance Policy Di Indonesia

Wujudkan Negara Kepulauan Mandiri

Poll

Subscribe Newsletter