NEWS - Indonesia Maritime News (IMN)

TERDAFTAR: IDM000087670
DEPARTEMEN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA
DIREKTUR JENDERAL HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL
Dermaga Eksekutif
Ada di Merak dan Bakauheni

Indonesiamaritimenews.com (IMN),MERAK:Kalangan berduit akan lebih nyaman dalam melakukan perjalanan lintas Jawa -.Sumatera sebab Pelabuhan Merak dan Bakauheni bakal memiliki Dermaga Eksekutif dilengkapi fasilitas hotel, tempat ibadah, area komersil dan longue. Pembangunan dermaga ini menelan investasi sekitar Rp500 miliar.

Proyek ini dibangun atas Joint Venture PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), PT PP (Persero) Tbk dan Patra Jasa. Peletakan batu pertama (ground breaking) dilakukan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Dermaga 6 Pelabuhan Merak, Sabtu (27/5/2017).

Menhub Budi Karya memberi apresiasi kepada ASDP dan Patra Jasa dan PP yang membuat satu bangunan yang meningkatkan level service. Insya Allah kota Cilegon tidak kalah dengan kota lain, karena ini merupakan lintas penyebarangan strategis nasional dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera," kata Budi Karya.

Sedangkan Menteri BUMN Rini Soemarno berharap Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak dan Bakaheuni bisa memberikan akses terbaik untuk masyarakat dan wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Proyek ini nantinya akan dibangun di dua lokasi, yaitu di Dermaga 6 Pelabuhan Merak di atas lahan seluas 41.803 meter persegi, dan Dermaga 7 di Pelabuhan Bakauheni di atas lahan 48.446 meter persegi. Diharapkan dermaga ini bisa beroperasi pada 2018, sekaligus menyambut event Asian Games di Jakarta dan Palembang.

PENATAAN PELABUHAN
Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Faik Fahmi mengatakan, pembangunan dermaga eksekutif ini bagian dari perencanaan dan penataan pelabuhan Merak sebagai destinasi ekonomi dan pariwisata.

Selain itu sebagai solusi penataan pelabuhan guna melayani segmen penumpang dan mobil pribadi dengan layanan dan tarif khusus, serta menjadi solusi mengatasi antrean panjang kendaraan.

Ke depan, lanjut Faik, pelabuhan tidak hanya menjadi sarana penyeberangan melainkan juga bisa menjadi destinasi wisata. Konsepnya, ada pemisahan jalur masuk antara penumpang dan kendaraan kecil dengan truk. Pengguna jasa reguler tetap dipersilakan menikmati pelayanan tarif reguler di dermaga 1-5.

LAYANI KENDARAAN KECIL
Direktur Pelayanan dan Fasilitas PT ASDP Indonesia Ferry, Christine Hutabarat mengatakan, "Dermaga eksekutif memang untuk melayani penumpang/kendaraan kecil. Ada boarding lounge, valet parking, serta retail makanan dan minuman,"kata dia.

"Waktu bongkar muat (port time) ditetapkan maksimal 45 menit sehingga berlaku tarif yang berbeda.
Kecepatan kapal minimal 15 Knot, terdapat kabin VIP dan Eksekutif di mana menyediakan reclining seat, AC, toilet, live music, Bar dan kantin, serta mushola. Waktu pelayaran (sailing time) dari Merak menuju Bakauheni, maksimal 1 jam," urai Christine.

PT ASDP Indonesia Ferry adalah perusahaan feri milik negara yang memiliki armada 140 unit kapal, mengoperasikan 35 pelabuhan. Selain itu melayani 202 lintasan pelayaran penyeberangan yang menghubungkan lebih dari 240 kota dengan total panjang mencapai 24.600 kilometer, dari Sabang hingga Merauke.

Sedangkan PT Patra Jasa, adalah salah satu anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang mengelola aset-aset Pertamina. Sementara PT PP (Persero) Tbk merupakan salah satu perusahaan jasa konstruksi yang mengerjakan proyek-proyek besar dari pelabuhan, jembatan, jalan, airport serta bangunan bertingkat tinggi. (RYZA/Mar)

Image

Index

Dermaga Eksekutif

Ada di Merak dan Bakauheni

Pungli di Kemhub Dibongkar Polri

Suap Pengurusan Izin Kapal

Belawan Terapkan Sistem Inaportnet

Memberantas praktik nakal

Resmikan VTS Distrik Navigasi Kelas I Makassar

Jonan: Keselamatan Pelayaran Terjamin

Tonny Budiono Jabat Dirjen Hubla

Menteri Jonan Lantik 3 Pejabat

9 Perompak Disergap KRI Untung Suropati

Diduga Dikendalikan dari Singapura

Pelni Siapkan 25 Kapal

Hadapi Mudik Lebaran 2016

10 ABK Indonesia Masih Disandera

Filipina Tolak Bantuan TNI

Tahun Depan Pelni Tambah 3 Kapal

Program Tol Laut

Pesawat Batik Air Tabrak TransNusa

Di Runway Halim Perdanakusuma

Poll

Subscribe Newsletter