NEWS - Indonesia Maritime News (IMN)

TERDAFTAR: IDM000087670
DEPARTEMEN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA
DIREKTUR JENDERAL HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL

Image

Index

Votalitas Logistik Indonesia

Diklaim Tertinggi di ASEAN

Kembangkan Pelabuhan Belawan

Kemenhub Gelontorkan Rp683 Miliar

Seminar STMT Trisakti " Penguatan Transportasi Hadapi AEC"

SDM dan Inovasi kunci memenangkan persaingan

Jalur KA Besitang-Binjai Sumut Diaktifkan Lagi

Peninggalan Belanda Sepanjang 80 Km

Garuda & Lion Air Nyaris Tabrakan

Di Langit Bali

IPC Tetap Stabil dan Menguntungkan

Meningkatkan pelayanan & perpanjangan JICT upaya dukung koneksitas maritim

IPC Kucurkan Rp 2 Triliun

Dukung Car Terminal menjadi yang terbesar & modern di dunia

Obligasi Global IPC Capai US$ 1,6 Milyar

Bukti kemandirian & kesungguhan korporasi kembangkan logistik nasional

IPC Kembangkan Transportasi Laut

Dukung Program Tol Laut Presiden, tekan kemacetan,efisiensi dan lancarkan Logistik

Strategi IPC Menghadapi MEA

Upaya tingkatkan daya saing produk Indonesia di tingkat global

Poll

Subscribe Newsletter

Jalur KA Besitang-Binjai Sumut Diaktifkan Lagi
Peninggalan Belanda Sepanjang 80 Km

Indonesiamaritimenews.com(IMN),MEDAN :Jalur kereta api rute Stasiun Besitang-Stasiun Binjai di Sumatera Utara sepanjang 80 kilometer peninggalan Belanda, akan diaktifkan lagi. Kemenhub berencana akan mengoperasikan jalur tersebut tahun 2017.

Reaktivasi atau pengaktifan kembali jalur kereta mati peninggalan Belanda di Jawa dan Sumatera, segera dilakukan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) salah satu di antaranya rute Stasiun Besitang-Stasiun Binjai.

Dirjen Perkeretaapian Kemenhub, Hermanto Dwiatmoko dalam siaran persnya, Selasa (1/3/2016) menyatakan Presiden Joko Widodo rencananya akan meninjau progres reaktivasi jalur Besitang-Binjai, Rabu (2/3/2016).

Saat ini, jalur kereta lintas Binjai-Besitang sebagian besar masih menggunakan rel R.25 bantalan kayu peninggalan Belanda. Jalur ini sudah tidak aktif sejak Agustus 2013 karena kondisi konstruksi jalan rel, jembatan, stasiun dan fasilitas operasi sudah tidak layak.

Kegiatan konstruksi yang telah dilaksanakan untuk ruas Besitang-Binjai hingga akhir tahun 2015 meliputi pembangunan badan jalan kereta sepanjang 69,5 km, pemasangan rel R.54 sepanjang 55 km, pembuatan box culvert 25 buah dan pemasangan pintu perlintasan di dua lokasi.

Sumber pendanaan pelaksanaan pekerjaan reaktivasi berasal dari APBN Tahun Anggaran 2015 sebesar Rp454 miliar.

Sedangkan pendanaan yang dianggarkan tahun 2016 sebesar Rp 20 miliar. Ditjen Perkeretaapian sudah mengusulkan tambahan anggaran kegiatan yang bersumber dari APBN-P 2016 sebesar Rp105 miliar dan usulan RKA tahun 2017 senilai Rp599 miliar.

JALUR GANDA
Kemenhub juga akan memulai pembangunan jalur ganda layang (elevated) kereta relasi Stasiun Medan-Stasiun Bandar Khalipah sepanjang 8 Km juga akan mulai dibangun dan groundbreaking pembangunan akan dilakukan Presiden Jokowi di Km 2+800 antara Stasiun Medan-Stasiun Bandar Khalipah.

"Beroperasinya jalur ganda layang kereta, akan menambah kapasitas lintas, mempercepat waktu tempuh, meningkatkan keselamatan perjalanan kereta dan pengguna jalan raya," kata Hermanto.

Pembangunan jalur ganda kereta relasi Stasiun Medan-Stasiun Bandar Khalipah merupakan bagian dari pembangunan jalur ganda relasi Stasiun Medan-Stasiun Bandara Kualanamu sepanjang 27 km. Proyek jalur ganda kereta ini juga dalam rangka mendukung pengoperasian Kereta Bandara Kualanamu yang akan menghilangkan 9 perlintasan sebidang eksisting.

Pembangunan jalur ganda kereta at grade relasi Stasiun Araskabu-Stasiun Bandar Khalipah sepanjang 19 km sudah dimulai tahun 2014. Rinciannya, pembangunan rel sepanjang 14 km, pembangunan jembatan kereta 22 unit, serta pembangunan persinyalan elektrik di Stasiun Bandar Khalipah, Stasiun Araskabu, dan Stasiun Kualanamu 3 unit. Ditargetkan, tahun 2016 pekerjaan jalan rel tersisa sepanjang 5 km dapat diselesaikan.

Sumber dana pembangunan yang dilakukan pada 2014-2015 tersebut dibebankan ke APBN, total anggaran sebesar Rp366,1 miliar.

Rinciannya, pembangunan jalur ganda Rp193 miliar, pembangunan jembatan kereta Rp98,7 miliar, dan pembangunan persinyalan elektrik sebesar Rp74,4 miliar.

Sedangkan pembiayaan pelaksanaan pekerjaan 2016 sebesar Rp80,5 miliar. Kemenhub akan mengajukan usulan penambahan anggaran sebesar Rp59,1 miliar melalui APBN-P tahun 2016 untuk memenuhi target pengoperasian jalur ganda relasi Stasiun Bandar Khalipah-Stasiun Kualanamu. (Arry/Oryza/Mar)