NEWS - Indonesia Maritime News (IMN)

TERDAFTAR: IDM000087670
DEPARTEMEN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA
DIREKTUR JENDERAL HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL

Image

Index

Jokowi Tawarkan Pelabuhan Patimban ke Jepang

Berikut Proyek KA Jakarta-Surabaya

PT AP II Kembangkan Bandara Silangit

Dukung Konektivitas Kawasan Pariwisata

Diluncurkan Mei 2016

Satelit A3 Pantau Pertanian & Maritim

Agus Raharjo Pimpin KPK

Busyro dan Johan Budi Tersisih

Akhirnya, Dirjen Hubla Bobby Mamahit Tersangka

Dugaan Korupsi Pembangunan BPI2IP

IPC WAY

Wadah karyawan berinovasi mengembangkan diri dan perusahaan

Giliran Denny Indrayana Jadi Tersangka

?Bismillah, Haram Menyerah?

Menanti UU Perlindungan Nelayan

DPR & KKP Diminta Mengesahkan

Pungutan Bea cukai Menurun

Dipengaruhi kebijakan impor,Mineral dan harga CPO

Tahun Depan Tol Laut Dimulai

Jonan: Kita negara kepulauan terbesar

Poll

Subscribe Newsletter

IPC WAY
Wadah karyawan berinovasi mengembangkan diri dan perusahaan

Indonesiamaritimenews.com (IMN):Peran sumber daya manusia dalam organisasi mempunyai arti yang sama pentingnya dengan pekerjaan itu sendiri, sehingga interaksi antara organisasi dan pekerja menjadi fokus perhatian para pemimpin perusahaan.

Era globalisasi menuntut pengembangan sumber daya manusia (SDM) dilakukan terus menerus agar tetap eksis dan menopang perusahaan memenangkan persaingan. Nilai-nilai (values) baru yang sesuai visi dan misi perusahaan terus digali. Demikian halnya nilai yang dapat memenuhi tuntutan lingkungan organisasi perlu diperkenalkan dan disosialisasikan kepada semua individu di dalam organisasi. .

Pimpinan organisasi ,diharapkan, selain membawa perusahaan melangkah maju juga dapat memotivasi karyawan sehingga dapat berinovasi mengembangkan diri dan meniti karier yang berujung untuk kepentingan perusahaan. .

Pemimpin perusahaan memiliki peran yang penting, memotivasi karyawan berinovasi meningkatkan kemampuan mengembangkan diri di perusahaan tempatnya bekerja. .

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau Indonesia Port corporation (IPC) memahami arti pentingnya SDM.Mutu pelayanan, produktivitas dan pengembangan usaha sejalan dengan kemampuan karyawan melakukan inovasi . Peran manajemen dibutuhkan untuk terus menerus memompa motivasi para karyawan. .

Dirut PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau Indonesia Port Corporation (IPC) R.J. Lino saat saat pertama memimpin korporasi, melihat suasana karyawan seperti mati suri, "Seakan tak ada lagi hari esok," kata Lino . Ia pun bertekad memajukan perusahan untuk kepentingan bangsa dan memotivasi para karyawan agar lebih berinovasi mengembangkan diri. .

IPC kemudian membuat wadah pengembangan karyawan yang disebut IPC WAY."Wadah ini menumbuhkan pemimpin bekerja tinggi, mengerakan pertumbuhan nasional serta berwawasan internasional," jelas Rima Novianti Sekretaris Perusahaan IPC. .

IPC WAY ,Lanjut Rima, menciptakan orang-orang lincah, dan membangun tempat kerja yang luar biasa.Tujuannya sebagai enabler tercapainya visi dan misi perusahaan. .

KEPEMIMPINAN.
IPC WAY berupaya menumbuhkan pemimpin yang berkinerja tinggi dengan action statement jadilah pemimpin yang mengembangkan kemampuan memimpin dalam diri sendiri dan orang lain. .

Memimpin dengan memberikan contoh. Merealisasikan setiap perkataan menjadi tindakan dan panutan. .

Pemimpin yang proaktif & agresif.Memanfaatkan setiap kesempatan untuk memberikan nilai tambah kepada pelanggan dan organisasi (Lihat pada gambar 1) .


Korporasi melalui IPC WAY berupaya menumbuhkan pemimpin berkinerja tinggi yang memiliki kemapuan, memberikan contoh, fokus pada eksekusi, optimis dan positif, bertanggung jawab dan profesional.

Menggerakan pertumbuhan nasional serta berwawasan internasional. Memikul bersama visi dan misi perusahaan, tidak mudah berpuas diri. menggerakan organisasi yang berstandar kinerja internasional dan fokus kepada pelanggan.

Menciptakan organisasi yang lincah, tegas dan tepat sasaran, mengihilangkan batasan dalam berorganisasi, kolaborasi, fleksibel, kreatif & inovatif dan menerapkan nilai-nilai keunggulan.

Membangun tempat bekerja yang luar biasa, berintegritas, menghargai setiap individu, memberikan kesempatan yang sama kepada karyawan, pembelajaran dan pengembangan yang berkelanjutan, komunikasi terbuka dan safety first (Lihat gambar 2).


VISI & MISI.
Program IPC WAY di lakukan pada semua lini pelabuhan cabang dan anak perusahaan. Agar semua yang terlibat dalam pengelolaan perusahaan memahami dan seirama dalam memajukan perusahaan. .

Visi IPC: To be the preferred partner for reliable, best class in port & logistics services by creating an exciting enterprise for our people and contributing to national growth.

Misi IPC : .
1. Menjamin kualitas jasa kepelabuhanan dengan jaringan logistik prima untuk memenuhi harapan stakeholder utama (pelanggan, pemegang saham, pekerja, mitra dan regulator). .
2. Menjamin kelancaran dan keamanan arus kapal dan barang untuk mewujudkan efisiensi biaya logistik dalam rangka memacu pertumbuhan ekonomi nasional. .
3. Menjamin kecukupan produktivitas untuk memenuhi dinamika kebutuhan pelanggan. .
Komitmen Perusahaan : .
1. Kepada Mitra dan Pelanggan jasa kepelabuhanan : Menyediakan dan mengoperasikan jasa pelayanan kepelabuhanan yang handal dengan mutu kelas dunia. .
2.Kepada Kepentingan Nasional : Meningkatkan kesehatan perusahaan secara profesional dan dapat mendorong pengemangan ekonomi nasional. .
3. Kepada Masyarakat Pelabuhan : Mendorong terbentuknya masyarakat pelabuhan yang kooperatif dan mempunyai rasa saling memiliki. .
4. Kepada Angggota Perusahaan : Mewujudkan sumber daya insani yang beriman, bermutu, optimis, bersikap melayani dan ramah, bangga kepada perushaan dan budayanya, serta mampu memberikan kesejahteraan dan kepuasan kerja kepada karyawan. .

Nilai Perusahaan : .
People First.
1. Create a safe, fun and exciting work environment that enables our people to contribute their best everyday. .
2. Pursue diversity as a priority to create an inclusive work environment. .
3. Foster a meritocratic culture that delivers and rewards high performance and innovative thinking. .
4. Provide continuous learning and development opportunities to our people.

Integrity.
1. Inspire trust by saying what we mean and doing what we say.
2. Demonstrate professionalism and honesty in our interactions with internal and external stakeholders. .
3. Demonstrate discipline and adherence to our code of business ethics in our day to day work. .

Customer Centric
1. Proactively seek and understand customer needs to provide innovative solutions.
2. Build long term sustainable relationships with customers.
3. Consistently provide reliable and best in class service to help our customers grow.

Sustainability
1. Demonstrate agility in responding to changing employee, customer and market trends.
2. Deliver on our commitment towards nation building in a responsible manner (community and environment).
3. Nurture and build high performing leaders for a stronger organization today and tomorrow.

Quality
1. Demonstrate a mindset of a truly global organization.
2. Design and adopt processes and technology that adhere to international quality standards.
3. Rigorously monitor, evaluate and improve our current processes to deliver best in class service.

PELABUHAN DAN ANAK PERUSAHAAN
Perseroan memiliki Kantor Pusat di Jakarta dengan wilayah operasi tersebar di 10 provinsi untuk mengelola 12 pelabuhan yang diusahakan yaitu: Pelabuhan Teluk Bayur di Provinsi Sumatra Barat, Pelabuhan Jambi di Provinsi Jambi, Pelabuhan Boom Baru Palembang di Provinsi Sumatra Selatan, Pelabuhan Bengkulu di Provinsi Bengkulu, Pelabuhan Panjang di Provinsi Lampung, Pelabuhan Tanjung Pandan dan Pelabuhan Pangkal Balam di Provinsi Bangka Belitung, Pelabuhan Banten di Provinsi Banten, Pelabuhan Tanjung Priok dan Sunda Kelapa di Provinsi DKI Jakarta, Pelabuhan Cirebon di Provinsi Jawa Barat, serta pelabuhan Pontianak di Provinsi Kalimantan Barat.

IPC merencanakan pembangunan tiga pelabuhan baru yaitu Pelabuhan Kalibaru Utara (Jakarta), Sorong (Papua Barat) dan Batam (Kepulauan Riau).

Perseroan juga memiliki sepuluh anak perusahaan, yaitu KSO Terminal Petikemas Koja (TPK Koja), PT Jakarta International Container Terminal (JICT), PT Rumah Sakit Pelabuhan (RSP), PT EDI Indonesia (EDII), PT Multi Terminal Indonesia (MTI), PT Integrasi Logistik Cipta Solusi (ILCS), PT Indonesia Kendaraan Terminal (IKT), PT Jasa Peralatan Pelabuhan Indonesia (JPPI), PT Pengembang Pelabuhan Indonesia (PPI), dan PT Energi Pelabuhan Indonesia (EPI).

Bagi IPC pelayanan dan kepuasan pelanggan sebagai kata kunci. Seluruh aktivitas perusahaan harus menjadi budaya dan etika setiap elemen perusahaan dalam pelaksanaan tugasnya, seperti yang tercermin dalam visi dan misi perusahaan.

SOSIALISASI
Sosialisasi Program IPC WAY terus dilakukan di pelabuhan cabang dan anak perusahaan. Pelabuhan Cabang ikut melakukan berbagai inovasi dengan sosialisasi 3I (Ikut ber-Inovasi melalui IPC Way) Program.

3I ini merupakan program yang memfasilitasi ide-ide sederhana terkait perbaikan proses bisnis (sistem & prosedur) yang dampaknya dirasakan langsung di cabang masing - masing. Dibuat perlombaan untuk menggairahkan karyawan.

Staf yang memberi ide paling inovatif berkesempatan "On the Job Training" ke WORLD CLASS PORT pilihan.Pelabuhan Cabang Banten misalnya, tercatat, 200 orang ikut berpartisipasi.

Pemilihan ide terbaik dilakukan dengan cara mempresentasikan ide ke Komite Inovasi Cabang. Kemudian komite inovasi cabang akan memilih 2 ide terbaik untuk diimplementasikan selama 1 bulan. Penjurian akhir selanjutnya mengumumkan pemenang.

Berbagai perubahan terjadi,semangat kerja pun terlihat meningkat di IPC. Karyawan berpacu dengan waktu berinovasi, meningkatkan kemampuan dan prestasi menggapai hari esok yang lebih baik.

IPC menyadur pendapat Paulo De Sa, VP Infrastructure Service di Unilever yang dilansir WWW.btplc.com dan www.cimadigitec.com mengatakan, "Hanya ada sedikit perusahaan yang dapat memberikan solusi yang berkelas dunia, bersifat global, inovatif dan berkelanjutan. Penggunaan teknologi yang inovatif ini membantu kami untuk meningkatkan produktivitas dengan membuat para pekerja kami menjadi saling terhubung satu dengan yang lainnya.Kami menjadi organisasi yang lebih lincah dan kami memperkenalkan cara berkelanjutan dalam bekerja kepada karyawan, customer, supplier, serta 2 miliar konsumen yang bergantung kepad produk kami setiap harinya."kata Paulo.

IPC adalah termasuk perusahaan yang sedikit disebutkan Paulo, perusahaan pengelola pelabuhan yang bisa memberikan solusi berkelas dunia bersifat global, inovatif dan berkelanjutan. Pekerja saling bersinergi satu dengan lainnya mengunakan teknologi dan inovatif sehingga korporasi berjalan lebih lincah melayani pengguna jasa pelabuhan, memajukan perusahaan sesuai visi dan misi yang dicanangkan dan untuk kepentingan bangsa dan Negara. (M. Arifin Mukendar)