NEWS - Indonesia Maritime News (IMN)

TERDAFTAR: IDM000087670
DEPARTEMEN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA
DIREKTUR JENDERAL HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL

Image

Index

Votalitas Logistik Indonesia

Diklaim Tertinggi di ASEAN

Kembangkan Pelabuhan Belawan

Kemenhub Gelontorkan Rp683 Miliar

Seminar STMT Trisakti " Penguatan Transportasi Hadapi AEC"

SDM dan Inovasi kunci memenangkan persaingan

Jalur KA Besitang-Binjai Sumut Diaktifkan Lagi

Peninggalan Belanda Sepanjang 80 Km

Garuda & Lion Air Nyaris Tabrakan

Di Langit Bali

IPC Tetap Stabil dan Menguntungkan

Meningkatkan pelayanan & perpanjangan JICT upaya dukung koneksitas maritim

IPC Kucurkan Rp 2 Triliun

Dukung Car Terminal menjadi yang terbesar & modern di dunia

Obligasi Global IPC Capai US$ 1,6 Milyar

Bukti kemandirian & kesungguhan korporasi kembangkan logistik nasional

IPC Kembangkan Transportasi Laut

Dukung Program Tol Laut Presiden, tekan kemacetan,efisiensi dan lancarkan Logistik

Strategi IPC Menghadapi MEA

Upaya tingkatkan daya saing produk Indonesia di tingkat global

Poll

Subscribe Newsletter

IPC Kembangkan Transportasi Laut
Dukung Program Tol Laut Presiden, tekan kemacetan,efisiensi dan lancarkan Logistik



Indonesiamaritimrnews.com (IMN):Transportasi menentukan perkembangan suatu daerah.Perkembangan suatu masyarakat atau wilayah tergantung dari perkembangan transportasinya. Sebaliknya perkembangan transportasi tergantung aktifitas atau kegiatan perkembangan, bisnis, suatu negara atau masyarakat di wilayah tersebut.

Fungsi Transportasi menjadikannya startegis, meningkatkan pembangunan, pemerataan kebutuhan masyarakat, melancarkan roda prekonomian, mendorong dan penggerak pertumbuhan daerah.

Transportasi bagi kelangsungan logistic menjadi penting.Tersedianya transportasi, akan memungkinkan tersedianya barang-barang bagi masyarakat yang didatangkan dari daerah lain dengan biaya yang lebih murah.

Stabilisasi dan penyamarataan harga bisa dilakukan bila tersedia transportasi dengan biaya yang murah. Bila ongkos produksi atau biaya pengadaan barang murah maka akan di dapat hasil produksi dengan harga murah.

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero ) atau Indonesia Port Corporation (IPC) melakukan kalkulasi ini dan sebagai bentuk dukungan terhadap Program Tol Laut Pemerintah yang dicanangkan Presiden Joko Widodo. IPC terus berupaya mengembangkan angkutaln laut. Moda angkutan laut dipilih dan dikembangkan untuk mengatasai alur logistik melalui darat yang ramai, padat dan macet, serta angkutan jalur udara yang mahal. Namun pelabuhan tetap sebagai sentralnya.

TRANSPORTASI
Transportasi adalah bagian dari sebuah sistem rantai pemasok. Sesuai fungsinya memindahkan sebuah barang atau orang dari suatu tempat ke tempat lain.Ia bekerja bersama-sama dengan bagian system lainnya untuk melancarkan arus barang dalam logistik.

Menyimak pendapat Edward K Morlok (1977), Transportasi adalah tindakan, proses atau hal mentransportasikan atau sedang ditransportasikan. Kata kerja "to transport" berarti memindahkan dari suatu tempat ke tempat lain.

Bowersox (2002:13) menjelaskan posisi transportasi dalam logistik, adalah proses pengolahan yang strategis terhadap pemindahan dan penyimpanan barang, suku cadangan, barang jadi dari supplier diantara fasilitas- fasilitas perusahaan dan para pelanggan.

Transportasi diartikan sebagai bagian dalam proses logistik dan memiliki peran yang strategis dalam memindahkan atau mengantarkan barang dari dari supplier hingga sampai ke pelanggan. Proses pergerakkan barang dalam supplay chain bergulir dari hulu hingga sampai ke hilir- dari pabrik pembuat produk sehingga sampai ke tangan konsumen- dilakukan sesuai jadual dan tepat waktu.

Peran transportasi sebagai bagian dari supplay chain sangat signifikan menggerakan barang yang dipasok sampai ke tujuan sesuai yang di harapkan. Namun bukan sekedar sampai, ia harus sampai di alamat yang dituju dengan waktu yang dijadualkan dan efisiensisi.

Tepat waktu berkaitan dengan kebutuhan konsumen atau pabrik yang membutuhkan barang tersebut untuk mengolahnya kembali , veleu added -menjadikan barang tersebut sebagai produk yang lebih berharga atau menambah nilainya.Pasokan telat produksi akan terhambat dan dan rantai persoalan menjadi panjang.Order yang telah disepakati bisa batal.

Efisiensi menjadi pertimbangan prioritas, sehingga harga jual poroduk menjadi lebih kompetitif dan meningkatkan daya saing. Itulah sebabnya trasportasi yang efisien ,bagian dari proses logistik menjadi sisi yang penting.

Christoper (1998) mengingatkan untuk memaksimalkan keuntungan harus memaksimalkan efisiensi, biaya pergerakan atau transportasi dan biaya lainnya. "Proses pengelolaan strategi dalam hal pembelian, pergerakan & penempatan material, inventori barang jadi melalui organisasi serta saluran marketing untuk mendapatkan keuntungan dimasa sekarang & yang akan datang melalui pemaksimalkan biaya yang efektif pada pemenuhan order."

Itulah sebabnya, pilihan moda transportasi yang tepat dan efisien pun menjadi perhatian utama. IPC melihat transportasi laut lebih efisien bisa memuat muatan lebih banyak sehingga jatuhnya lebih murah. Selain itu, bisa di terapkan di Jakarta yang padat dan macet.

MACET
Di Jakarta kata cepat sampai di tempat tujuan sesuai waktu menjadi persoalan, dihantui kemacetan yang terus meningkat. Penyebabnya jumlah kendaraan yang terus meningkat sehingga membuat sesak Ibukota.

Kondisi kemacetan ini mewarnai jalan-jalan menuju kantong-katong industri di Jakarta. Hal itu itu pun terjadi juga di kantong-kantong dindustri daerah penyanggah Ibukota di Tangerang, Bekasi hingga Cikampek.

Bobby Gafur Umar Ketua Umum Insinyur Indonesia (PII) dalam tulisannya di media organisasi tersebut menyebutkan ada dua hal penyebab terjadi kemacetan di Jakarta.

Pertama, pertumbuhan jumlah kendaraan yang mencapai 11% per tahun. Data Polda Metro Jaya juga menyebutkan, 12 juta kendaraan bermotor rata-rata masuk dan melintas di Jakarta setiap hari. "Bayangkan juga jika jumlah kendaraan baru di Jakarta per hari mencapai 1.130 unit. Akibatnya, tak hanya lokasi kemacetan yang bertambah, tetapi durasi jam macet di Jakarta dipastikan juga akan semakin lama," katanya.

Kedua, pertumbuhan prasarana transportasi publik yang tidak sigfinikan dan menurunnya jumlah pengguna sarana transportasi publik di Jakarta. Jumlah kendaraan angkutan umum dari segala jenis pada 2010 lalu hanya 63.112 unit, justru menurun dibanding tahun sebelumnya 63.427 unit.

Data Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) juga menyebutkan ironi, bahwa pangsa angkutan umum terhadap total perjalanan di Jabodetabek turun dari 38,2% pada 2002, menjadi hanya 17,1% pada 2011. Data lain yang disajikan oleh pihak Organda pada 2010 menunjukkan bukti serupa. Terjadi penurunan tajam jumlah pengguna angkutan umum yang hanya menyisakan load factor sebesar 24%.

LINO DUKUNG TOL LAUT
Presiden Joko Widodo telah meluncurkan program Tol Laut. Tentang program ini, Dirut IPC R.J.Lino mengatakan, "Program ini perlu kita dukung dan kita kawal." Ia menterjemahkan Program |tol Laut adalah kelancaran arus barang dari satu tempat ke tempat lain melalui laut.

Bila konsep tol laut dapat berjalan,kata Lino menjabarkan, maka ongkos logistik Indonesia bisa ditekan.Ongkos logistik yang murah dapat meningkatkan daya saing Indonesia di dunia internasional sehingga pada akhirnya dapat mensejajarkan dengan Negara lain di dunia. Itulah sebabnya konsep tol Laut Jokowi perlu didukung dan dikawal.

Berkaitan dukungan dan merealisasikan Program Tol Laut , khusus untuk Pulau Jawa yang menjadi pusat konsentrasi industri dan konsumsi, IPC akan menggalakan pola angkutan barang melalui laut."Saat ini , 90% dari barang yang didistribusikan intra kota di Pulau Jawa diangkut melalui darat yang highly subsidized dan hanya 9% saja yang melalui laut," kata Lino.

Berdasarkan studi dari McKinsey Global Institute. sebuah lembaga riset internasional yang menyebutkan. Apabila kita dapat mengalihkan 50% saja pola distribusi barang Intra Pulau Jawa dan Jawa-Sumatera dari angkutan darat ke angkutan laut maka akan ada penghematan biaya logistik sekitar Rp 300 triliun yang artinya sama dengan membantu menurunkan biaya logistik sebesar 3.69% dari GDP.

Penting untuk digarisbawahi bahwa, "44% dari total biaya di Indonesia disumbang oleh Inventory Carrying Cost akibat dari rendahnya keterandalan bagi pemasok barang dan disparitas yang lebar dari waktu tunggu," papar Lino.

WATER WAY

Lino memaparkan, IPC berupaya mengurangi penggunaan truk angkut dari pelabuhan ke kawasan industri karena selain mengakibatkan kemacetan di dalam kota juga berbiaya tinggi.

" Ini akan menjadi salah satu solusi untuk mengurangi kemacetan di jalur darat yang selama ini membelenggu Jakarta dan sekitarnya," ungkap Lino.

Biaya logistik Indonesia, papar Lino,memakan porsi 24.6% dari Produk Domestik Brutol GDP. dan bila dibandingkan dengan negara-negara Asia lainnya biaya logistik di Indonesia adalah yang tertinggi. mengkalkulasi, pada diskusi akhir tahun 2014 PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau IPC dengan berbagai kalangan para stakeholder, asosiasi dan wartawan berkaitan isu-isu seputar kepelabuhanan.

Porsi terbesar dari komponen biaya logistik yang tinggi ini , ulas Lino, terutama disumbang kekurang-handalannya sehingga menyebabkan stock inventory yang mahal dan tinggi .

Penyebab lainnya, porsi moda transportasi darat yang masih dominan. Padahal, biaya transportasi darat 10 kali lebih mahal dari moda transportasi laut.

Berangkat dari kondisi ini, , tambah Lino, IPC akan memanfaatkan kanal (water way) yang ada sepanjang 40km dari Tanjung Priok ke kawasan industri Cikarang Jawa Barat (jalur Cikarang- Bekasi-Laut) dengan estimasi biaya kurang dari Rp 1 triliun.

Kanal tersebut nantinya akan menjadi jalur transportasi yang bisa dilewati kapal tongkang, ?Berkapasitas muatan maksimal 60 kontainer serta membuat lokasi untuk terminal tongkang di wilayah Cikarang (Cikarang inland water way),?jelas Lino yang dikenal bawahannya sebagai lelaki visioner.

JEPANG
Jepang sebagai salah negara kepulauan seperti Indonesia pendistribusian barang justru lebih mengoptimalkan penggunaan moda transportasi laut dibandingkan darat ,hal ini dapat terlihat dari pola distribusi barang Tokyo - Miyagi yang berjarak sekitar 720 km, sekitar 44% dilakukan melalui moda transportasi darat sedangkan ? 51% melalui moda transportasi laut.


Sumber : Humas IPC

Upaya mengoptimalkan moda transportasi laut sebagai moda alternative distribusi barang tidak hanya terjadi pada negara-negara kepulauan saja, tetapi juga telah menjadi trend di beberapa Negara maju lainnya sepertiyang terjadi di Belgia.

Belgia pada Pelabuhan Antwerp, distribusi barang ke area hinterland pelabuhan secara bertahap dialihkan dari yang semula menggunakan moda transportasi darat sebesar 56% di tahun 2014 akan diturunkan menjadi sebesar 43% di tahun 2020 dalam. Kebijakana itu dilakukan dalam rangka mengurangi kepadatan di jalanraya, menciptakan biaya logistic yang lebih murah melalui economic of scale yang dapat dihadirkan oleh moda transportasi laut. Moda ini diharapkan menjaga kelestarian lingkungan melalui pengurangan carbon foorprint / emisi CO2.


Sumber : Humas IPC

PROMOSI ANGKUTAN LAUT
PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) menggandeng PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidangKepelabuhanan berinisiatif untuk bersinergi guna mempromosikan angkutan laut melalui " Paket Promosi Angkutan Laut Jakarta-Surabaya-Jakarta", dengan harapan distribusi barang Jakarta -Surabaya (dansebaliknya).

Program ini sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah di bidang Maritim dan mengurangi beban angkutan darat di jalan raya. Target lainnya untuk menurunkan biaya logistic.

Paket ini merupakan paket layanan terminal to terminal yang dihadirkan dengan harga maupun waktu tempuh yang cukup kompetitif jika dibandingkan dengan moda transportasi darat seperti truk maupun kereta api.

Harga yang ditawarkan melalui paket promosi ini adalah sebesar Rp. 2 juta rupiah untuk pengiriman kontainer berukuran 20 ft. Biaya sudah meliputi biaya pengapalan dan biaya di terminal asal, mau pun bongkar (paket bongkar muat sampai dengan kontainer diatas truk berikut biaya penumpukan masa satu). Korporasi mengandeng perusahaan pelayaran ."Program Paket Promosi Angkutan Laut Jakarta -Surabaya (dan sebaliknya) ini didukung leh 5 (lima) Perusahaan Pelayaran Nasional yaitu PT. Meratus Line, PT. Salam Pacific Indonesia Line, PT. CarakaTirta, PT. TantoIntim Line dan PT. Tempuran Emas Line (Tbk), dalam pelaksanaannya," jelas Rima Novianti Sekretaris Perusahaan IPC.

Guna memberikan kepastian (reliability) kepada pemilik barang dalam pelaksanaan program paket promosi ini, lanjut Rima, baik pihak Pelabuhan maupun kelima perusahaan pelayaran sama sama berkomitmen untuk memberikan kepastian pengoperasian kapal dengan jadual rutin serta kepastian lokasi penyandaran di terminal pelabuhan.

"Melalui pelaksanaan program paket promosi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat mengenai moda transportasi laut, khususnya jasa kepelabuhanan. Penggunaan transportasi darat yang selama ini mendominasi pola distribusi barang di negara kepulauan Indonesia sedikit demi sedikit dapat dialihkan kepada moda transportasi laut, "papar Rima.

Jika program ini dapat terealisasi dengan baik serta mendapat dukungan pemerintah terutama terkait harga BBM, maka ke depan disediakan jadual layanan kapal yang lebih banyak dan rutin.

Program selanjutnya menurut Rima,"Melibatkan pelabuhan-pelabuhan lainnya seperti semarang, panjang dan palembang yang dikemas dalam paket promosi yang berbeda namun terintegrasi."

Suatu hal yang penting,tambahnya,hal itu untuk menurunkan biaya logistik serta meningkatkan perekonomian dan daya saing produk Indonesia. Pendayagunaan laut yang sejatinya merupakan sarana transportasi yang telah disediakan oleh alam bagi Negara Kepulauan Indonesia.

Sofyan Gumelar Humas Cabang Pelabuhan Priok menjelaskan tahap awal jadual rutin mingguan yang tersedia adalah sebagai berikut :

a. Tanto Intim Line : jadual berangkat dari Jakarta setiap hari Selasa, sampai di Surabaya hari Kamis dan berangkat dari Jakarta setiap hari Sabtu, sampai Surabaya hari Senin.
b. Tempuran Emas : jadual berangkat dari Jakarta setiap hari minggu, sampai di Surabaya hari senin, selanjutnya berangkat dari Surabaya hari Jumat sampai di Jakarta hari Sabtu.
c. Salam Pacific Indonesia Lines : jadual berangkat dari Jakarta setiap 8 s/d 10 hari sekali.
d.Meratus Lines : jadual berangkat dari jakarta setiap hari Rabu sampai di Surabaya hari Kamis.
e. CTP Lines : jadual berangkat dari Jakarta hari sabtu sampai di Surabaya hari senin. Untuk jadwal dari Surabaya ke Jakarta setiap 12 hari sekali.

Program Maritime, Tol Laut sudah dicanangkan dan diluncurkan Presiden Joko Widodo.Upaya menstabilkan dan menyamaratakan harga wilayah Timur dan Barat Indonesia terus didlakukan melalui kemudahan dan peningkatan pelayanan di pelabuhan dan pelayaran.

Efek domino lainnya agar harga produksi dalam negeri menjadi lebih murah dan dapat bersaing dengan negara lain di tataran global.Upaya IPC mengembangkann moda transportasi laut patut didukung insam maritim. Kesungguhlan Dirut IPC R.J Lino melakukan langkah visoner ini perlu mendapat perhatian semua pihak khusus pemerintah. Dukungan nyata yang diberikan pemerintah bisa dalam bentuk regulasi untuk melancarkan, memudahkan dan mencapai program yang dicanangkan. (M. Arifin Mukendar)