NEWS - Indonesia Maritime News (IMN)

TERDAFTAR: IDM000087670
DEPARTEMEN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA
DIREKTUR JENDERAL HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL

Image

Index

Walkot Tangerang Tarling

Ajak masyarakat solat berjamaah di Masjid

Alhamdulillah,Arab Saudi Memberi 250 Ton Kurma

Bisa dinikmati saat berbuka puasa

Lampung Mengaji 99

Ramadhan 99 Kali Khatam

Lampung Mengaji 99

Ramadhan 99 Kali Khatam

Syaikh Muhammad Ayyub Wafat

Imam Masjid Nabawi

Musa Juara Hafiz Quran di Mesir

Peserta Termuda Harumkan Indonesia

Awas! Narkoba Nyusup ke Pesantren

Sebagai Doping

Bersujudlah Ketika Gerhana

Bulan & Matahari Mahluk Allah

KH Toto Penyemangat Pemuda

Pergi untuk selamanya saat Salat Jenazah

Jamaah RI Wafat di Mina 120 Orang

Tambah 17 orang korban Mina

Poll

Subscribe Newsletter

KH Toto Penyemangat Pemuda
Pergi untuk selamanya saat Salat Jenazah

Indonesiamaritimenews.com.Innalillahi wa innalillahi rojiun.Bumi dan isinya berduka ketika ulama penyambung lidah Rasullah SAW pergi untuk selamanya. Ulama yang terkenal sebagai penyemangat dan pemberi motivasi pemuda itu kini tiada.

Khabar duka itu menyelimuti kalangan ulama Indonesia ketika Ustadz KH.Drs. Toto Tasmara berpulang kerahmatullah, di Palembang, Sumsel, Selasa (8/12/2015) siang saat menjadiimam salat jenazah.

Seperti dilansir situs Ikatan Cendikiawan MuslimIndonesia (ICMI), kabar ini diterima oleh Ustadz Anshori Abdul Jabbar, anggotaICMI yang mendapat kabar tersebut dari Tati, istri almarhum.

"Innalillahi wa innaa ilaihi roojiuun, telah meninggal dunia jam 13.40 WIBdi Palembang saat memimpin shalat jenazah, sahabat kita, Ustadz Drs. H. TotoTasmara," demikian pesan singkat Ustadz Anshori sesuai pesan singkat yangditerimanya.

Jenazah dibawa ke rumah duka di Tangerang Selatan, danrencananya akan dimakamkan pada Rabu (9/12/2015).

Segenap pimpinan Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia(ICMI) berbelasungkawa atas wafatnya Ustadz Toto, serta mendoakan agar almarhumwafat Khusnul Khatimah.

"Innalillahi wa innaa ilaihi roojiuun, semoga Almarhum HusnulKhatimah," tulis dua Presidium ICMI, Dr. Sugiharto dan Dr. Marwah Dauddalam pesan singkatnya.

PERNAH DIPENJARA
KH.Toto Tasmara dilahirkan di Banjar, Ciamis Jawa Barat, 10 November 1948 dalamlingkungan keluarga yang sufistik sehingga memberikan pengaruh kejiwaanpadanya. Hal ini membuat kumpulan tulisan maupun puisinya syarat dengan nuansasufistik.

Dari berbagai catatan, pada 1976 KHToto mendirikan BKPMI (Badan Komunikasi Pemuda Masjid Indonesia) yang malahmengantarkannya masuk penjara karena dakwahnya dianggap mengganggu stabilitaspenguasa pada waktu itu. Baginya, penjara adalah sebuah "pesantren"tempat ber-uzlah 'menyendiri' sehingga ia mampu melakukan perenungan danmelahap ratusan buku.

Pada 1978, ia mendirikan Badan KoordinasiMubalig se-Indonesia (Bakomubin), lembaga yang berkiprah untuk meningkatkankualitas dan pencerahan para mubalig.Ulama ini juga duduk eksekutif di perusahaan, namun yang paling terkenaladalah menjadi corporate secretary PT Humpuss. Pada tahun 1997, ia keluar danlebih banyak berdakwah.

Ia juga mengembangkan pesantren kilat yangditekuni sejak tahun 1980-an. Selain itu kegiatan pendidikan yangdilaksanakannya juga menyelenggarakan berbagai kegiatan pelatihan khusus untukpara pemuda, pelajar, dan mahasiswa, termasuk program rehabilitasi korbannarkoba dengan metode pencerahan hati (tarbiyatul qalbi) yang dipusatkan diPesantren Al-Magfirah, Gunung Gelius, Gadog, Bogor. (Yasmin)